Ahok pede diusung tiga partai

Selasa, 02 Agustus 2016 | 17:29 WIB Sumber: Kompas.com
Ahok pede diusung tiga partai


JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyatakan bahwa ia tidak akan mendaftarkan diri untuk mengikuti penjaringan bakal calon gubernur yang diadakan PDI Perjuangan.

Sebab, Basuki merasa tiga partai yang mendukungnya saat ini sudah cukup untuk membawanya mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017.

"Bagaimana mau daftar, orang sudah tiga partai kok. Kalau diusung tiga partai kan sudah cukup usung," ujar Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (2/8).

Pria yang dikenal dengan nama Ahok ini diketahui sempat berbicara dengan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri pada Kamis pekan lalu.

Dalam pembicaraan yang dilakukan di dalam mobil dalam perjalanan menuju arena Rakernas Partai Golkar itu, Mega diketahui sempat menyatakan bahwa partainya memiliki mekanisme dalam menentukan bakal calon gubernur.

Mekanisme yang dimaksud itu adalah melalui penjaringan. PDI-P memang sedang mengadakan penjaringan sejak Mei lalu. Pada awalnya, ada 27 nama yang mendaftar.

Ke-27 nama itu telah mengikuti fit and proper test. Kini, penjaringan sudah menyisakan enam nama.

Bagi Ahok, penjaringan PDI-P sudah ditutup bagi calon lain yang baru mau mendaftar. "Jadi, sekarang mau ngapain juga daftar, sudah ditutup juga kan," ujar Ahok.

Saat ini, tiga parpol yang menyatakan kesediaannya untuk mendukung Ahok adalah Hanura, Golkar, dan Nasdem.

Jumlah kursi di DPRD DKI yang dimiliki ketiga parpol ini jika digabungkan adalah 24 kursi.

Jumlah ini sudah memenuhi syarat untuk mengusung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Minimal kursi yang harus dimiliki parpol atau gabungan parpol yang ingin mengusung pasangan calon adalah 22 kursi.

Sementara itu, jumlah kursi di DPRD DKI yang dimiliki PDI-P adalah 28 kursi. Kondisi ini membuat PDI-P menjadi satu-satunya parpol yang dapat mengusung pasangan calon tanpa harus berkoalisi dengan partai lain. (Alsadad Rudi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru