Akan ada 114.384 pemudik gunakan jasa Pelindo IV

Sabtu, 17 Juni 2017 | 20:55 WIB Sumber: Antara
Akan ada 114.384 pemudik gunakan jasa Pelindo IV


MAKASSAR. PT Pelindo IV memprediksikan jumlah pemudik yang menumpang kapal laut pada liburan panjang Lebaran 2017 naik 6% dibandingkan pada tahun lalu.

"Diprediksi ada peningkatan enam persen dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu," kata Direktur Utama PT Pelindo IV Doso Agung pada peluncuran posko Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (17/6).

Menurutnya pada musim mudik tahun 2016, hingga H-3 Lebaran, penumpang yang naik dan turun di Pelabuhan Makassar berjumlah 107.909 orang. Sedangkan tahun ini, jumlah penumpang mudik diperkirakan mencapai 114.384 orang.

Selain itu, Pelindo IV juga menyelenggarakan Program Mudik Gratis untuk 1.000 orang, bekerjasama dengan Perum Damri, menggunakan jalur darat, yaitu tujuan Makassar Parepare, Makassar-Bone dan Makassar-Bulukumba.

Di pelabuhan Makassar, Pelindo IV sudah menyiapkan ruang menyusui, kipas angin khusus, AC di ruang tunggu terminal penumpang di lantai satu dan dua, ruang kesehatan, tempat cas baterai ponsel, air kran yang bisa langsung diminum, toilet bersih, mushala dan kelengkapannya serta kursi roda untuk penyandang disabilitas.

 Selain itu, Pelindo IV juga memperketat pengamanan dengan tidak membiarkan penumpukan penumpang di ruang tunggu.

Keamanan Pelabuhan Makassar juga didukung kamera CCTV yang merekam semua pergerakan penumpang dari mulai pintu masuk pelabuhan hingga naik kapal.

"Terminal ini berkapasitas 4.000 penumpang. Terminal ini berstandar internasional dengan kelengkapan, antara lain garbarata atau jembatan penghubung dari ruang tunggu terminal penumpang masuk ke kapal," ujar Doso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan

Terbaru