Anies: Baru 35% kapasitas fasilitas kesehatan yang dipakai untuk tangani Covid-19

Jumat, 26 Juni 2020 | 13:36 WIB Sumber: Kompas.com
Anies: Baru 35% kapasitas fasilitas kesehatan yang dipakai untuk tangani Covid-19

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) memberi salam usai memimpin upacara peringatan HUT ke-493 Kota Jakarta di halaman Balai Kota DKI Jakarta, Senin (22/6/2020). Upacara HUT Kota Jakarta yang diperingati setiap tanggal 22 Juni itu diselenggarakan


VIRUS CORONA - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan saat ini hanya 30% hingga 35% kapasitas rumah sakit di DKI Jakarta yang terpakai untuk perawatan pasien Covid-19. 

Anies berujar, ada 67 rumah sakit yang khusus digunakan menangani Covid-19. Lebih dari 3.500 tempat tidur dan lebih dari 500 ruang ICU disiapkan. Hal ini dipaparkan Anies dalam acara Gebyar Dzikir dan Doa untuk Keberkahan Jakarta seperti diunggah Akun Youtube Ketua MUI DKI Jakarta. 

Baca Juga: Gubernur Anies: Positivity rate Covid-19 Jakarta di dua hari terakhir hanya 3,8%

"Itu semua adalah benteng pertahanan kita yang alhamdulillah hari ini dan hari-hari kemarin tidak pernah terpakai secara optimal. Paling saat ini hanya sekitar 30%-35%. Artinya, kita kerja makin terasa dampaknya," ucap Anies, Kamis (25/6) malam. 

Ia pun meminta masyarakat mendoakan tenaga kesehatan yang bekerja untuk menangani Covid-19. "Doakan mereka sehat, doakan mereka semua bisa kembali bersama keluarga sebagaimana keluarga-keluarga lain di Jakarta," kata dia. 

Sementara itu, Anies mengklaim bahwa penanganan Covid-19 di DKI setara dengan kota-kota maju.

Baca Juga: Khofifah siap kerahkan seluruh daya upaya untuk turunkan angka penularan corona

"Apa yang dikerjakan di Jakarta hari ini, alhamdulillah kita setara dengan tempat-tempat, kota-kota yang disebut sebagai kota maju dalam penanganan wabah ini," tuturnya. (Ryana Aryadita Umasugi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies Sebut Fasilitas Kesehatan di Jakarta Baru Terpakai 35 Persen untuk Tangani Covid-19"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru