Anies Baswedan jelaskan soal membeludaknya pengunjung pasar Tanah Abang

Minggu, 02 Mei 2021 | 22:02 WIB Sumber: Kompas.com
Anies Baswedan jelaskan soal membeludaknya pengunjung pasar Tanah Abang

ILUSTRASI. Anies Baswedan jelaskan soal membeludaknya pengunjung pasar Tanah Abang


DKI JAKARTA -  JAKARTA. Jumlah pengunjung Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, diperkirakan mencapai 100.000 orang, Minggu (2/5/2021). 

Hal tersebut diungkapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mendatangi Blok A Pasar Tanah Abang yang sedang ditertibkan petugas gabungan karena pengunjungnya padat di tengah pandemi Covid-19 masih merebak. 

"Hari ini data sementara (total pengunjung) sekitar 100.000 orang," kata Anies kepada awak media, Minggu. 

Menurut Anies, jumlah tersebut jauh meningkat dari hari-hari sebelumnya yang hanya berkisar 35.000 pengunjung setiap harinya. Anies mengemukakan, berdasarkan data yang dimiliki Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, jumlah pengunjung Pasar Tanah Abang pada Sabtu kemarin mencapai 85.000 orang. 

"Jadi berbeda dengan hari-hari sebelumnya. Hari Sabtu terjadi lonjakan jumlah pengunjung yang sebelumnya 35.000 jadi 87.000," ujar Anies. 

Baca Juga: Epidemiolog: Waspadai risiko penularan Covid-19 di tempat umum

Lonjakan tersebut terjadi beberapa hari belakangan saat banyak warga ingin berbelanja kebutuhan Hari Raya Idul Fitri 1442. Lonjakan tersebut berakibat pada terjadinya antrean panjang pengunjung di pintu masuk dan di lorong-lorong kios pedagang. 

Pada Minggu siang, petugas gabungan berjaga di Pintu Masuk Blok A. Mereka membatasi kerumunan pengunjung yang hendak masuk beberapa saat.

Para pengunjung baru diperbolehkan masuk secara bergantian, setelah terlihat cukup banyak orang yang keluar dari area pasar Di dalam gedung, tampak pengunjung yang berjalan di lorong-lorong saling berimpitan dan sulit menjaga jarak fisik. 

Anggota TNI-Polri kemudian dikerahkan ke area pasar. Anggota TNI-Polri berkeliling dan menegur pedagang dan pengunjung yang tidak menggunakan masker. Pengunjung diminta tidak berkerumun dan segera keluar pasar jika sudah selesai berbelanja. 

Hingga Minggu sore, petugas gabungan masih terus berjaga di luar area pasar dan mengimbau pengunjung mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies: Pengunjung Pasar Tanah Abang Sekitar 100.000 Orang Hari Ini"
Penulis : Tria Sutrisna
Editor : Egidius Patnistik

Selanjutnya: Pengunjung pasar Tanah Abang melonjak hampir 200% dari kapasitas

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru