Anies Baswedan sejajarkan Jakarta dengan Monaco, New York, London, Roma hingga Berlin

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 16:25 WIB   Reporter: Ahmad Febrian
Anies Baswedan sejajarkan Jakarta dengan Monaco, New York, London, Roma hingga Berlin

ILUSTRASI. FIA World Championship resmi menunjuk Jakarta jadi tuan rumah Formula E


OLAHRAGA - JAKARTA.  Merah putih memang berkibar di F1. Sayang, itu bukanlah bendera Indonesia, melainkan Monaco, sebagai salah satu tuan rumah grand prix jet darat tersebut. 

Nah sekarang penggelar balap mobil boleh berbangga. Jakarta resmi menjadi tuan rumah balap ABB FIA Formula E pada tanggal 4 Juni 2022. 
Keputusan ini ditetapkan melalui FIA World Motor Sport Council di Paris, pada 15 Oktober 2021 yang sekaligus meratifikasi kalendar balapan musim ke-8 tahun 2021/2022. 

Dalam video yang dishare khusus untuk penggemar olah raga otomotif di Indonesia, Chief Championship Officer sekaligus Co Founder Formula E, Alberto Longo menekankan pentingnya Jakarta E-Prix bagi Indonesia dan ABB Formula E. 

Apalagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) berupaya mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi konvensional, dan beralih pada energi ramah lingkungan. Sebuah filosofi yang senada dengan pandangan Formula E Operations Limited (FEO).  

"Dalam merealisasikan filosofi tersebut dan untuk mengambil manfaat dari tren mobil listrik dunia, Presiden Joko Widodo berencana menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi mobil listrik dan baterai mobil," kata Longo. 

Longo menyatakan, Gubernur Anies Baswedan mengirimkan pesan, menggeser kendaraan pribadi dengan transportasi umum dan mempromosikan penggunaan mobil listrik merupakan satu dari beberapa langkah yang akan ditempuh. "Ini adalah upaya lintas generasi, dan Formula E akan membantu untuk merangkul partisipasi generasi muda dan para milenial," lanjut Longo.

Memasuki balapan musim ke-8, Formula E akan hadir di kota-kota iconic dunia. Termasuk Diriyah (Saudi Arabia), Roma, Monaco, Berlin, Vancouver, New York, London dam Seoul. Artinya, Jakarta sejajar dengan kota-kota tersebut.\

 Widi Amanasto, Direktur Utama Jakpro, selaku  penyelenggara  balapan menyampaikan, trek jalanan dalam kota akan sangat efektif dalam mempromosikan Indonesia dan Jakarta.  "Kami ingin masyarakat dunia menyaksikan kemajuan Indonesia. Sehingga mereka tanpa ragu berkunjung ke Indonesia, baik sebagai turis maupun investor" katanya,dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Sabtu (16/10). 

Apalagi  tahun depan , Indonesia juga akan menjadi tuan rumah beberapa gelaran balap dunia, termasuk MotoGP. Hal ini tentu akan memberikan kesempatan yang besar untuk mempromosikan negeri Indonesia.  

Memaksimalkan manfaat ekonomi, Formula E di Jakarta bukan hanya digelar dalam satu acara, melainkan rangkaian acara sepanjang beberapa bulan hingga Juni 2022. Acara ini tentu akan melibatkan banyak stakeholder, termasuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ahmad Febrian

Terbaru