Anies: Pemprov DKI akan periksa aktivitas di kawasan pulau reklamasi

Rabu, 23 Januari 2019 | 18:13 WIB   Reporter: kompas.com
Anies: Pemprov DKI akan periksa aktivitas di kawasan pulau reklamasi


REKLAMASI - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pihaknya akan memeriksa aktivitas di kawasan reklamasi pantai utara Jakarta. "Kita akan periksa, saya akan instruksikan kepada seluruh jajaran untuk memeriksa," kata Anies di Jakarta Pusat, Rabu (23/1). 

Anies belum bisa memastikan apakah bangunan dan usaha di kawasan reklamasi Pantai Maju atau Pulau D sudah berizin. Menurut dia, kawasan reklamasi selama ini terbuka. Namun jika benar ada aktivitas, maka harus ada izinnya. "Kalau ada yang ada tanpa izin pasti akan kita berikan sanksi," kata dia. 

Aktivitas bisnis di kawasan Pantai Maju atau Pulau D hasil reklamasi D mulai terlihat. Hal itu ditandai dengan dibukanya area Food Street yang berada di jalan utama pulau. Area Food Street itu pernah disegel Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada Juni 2018. 

Area yang diisi sekira 25 kios yang menjual beraneka makanan dan minuman itu disebut telah beroperasi sejak akhir Desember 2018 dan ramai dikunjungi warga pada malam hari. Pengamatan Kompas.com pada Selasa siang, terdapat krat-krat minuman keras yang disimpan di luar serta adanya sebuah akuarium berisi ikan hidup yang dimiliki sebuah gerai makanan laut. 

Fasilitas pendukung seperti toilet juga sudah bisa digunakan. Bangku-bangku sudah tersusun rapi di sebuah koridor yang dibatasi gerai-gerai makanan. Sebuah panggung hiburan juga berdiri di tengah-tengah area Food Street. Selain bisnis kuliner yang tampak mulai menggeliat, aktivitas pembangunan di pulau itu juga terlihat berlanjut. 

Sayup-sayup terdengar bunyi dentuman mesin paku bumi yang beroperasi dari kejauhan. Sementara itu, papan segel yang tadinya terpasang di sejumlah bangunan juga sudah tidak ada. Baliho-baliho besar yang mempromosikan properti di Pulau D terpampang sudut-sudut jalan. (Nibras Nada Nailufar)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemprov DKI Akan Periksa Aktivitas di Kawasan Reklamasi"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru