kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45700,06   2,33   0.33%
  • EMAS938.000 -0,85%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Antisipasi banjir datang lagi, Jokowi minta Anies normalisasi sungai di Jakarta


Rabu, 08 Januari 2020 / 17:25 WIB
Antisipasi banjir datang lagi, Jokowi minta Anies normalisasi sungai di Jakarta
ILUSTRASI. Warga melintasi?ruas jalan yang tergenang banjir di kawasan Jalan Daan Mogot, Jakarta, Kamis (2/1/2019).?

Reporter: Abdul Basith | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melanjutkan normalisasi sungai. Hal itu untuk memastikan aliran sungai bisa kembali normal sehingga tidak terjadi banjir. 

Normalisasi tersebut memastikan agar aliran sungai kembali normal. "Meneruskan kembali baik normalisasi maupun naturalisasi di sungai-sungai yang ada di Jakarta," ujar Jokowi dalam rapat bersama sejumlah kepala daerah di Istana Merdeka, Rabu (8/1).

Baca Juga: Usai banjir, pasar mobil bekas tahun ini makin tak jelas

Jokowi menegaskan sungai di Jakarta bukan hanya sungai Ciliwung. Oleh karena itu normalisasi harus dilakukan di seluruh sungai lainnya seperti sungai Pesanggrahan, sungai Cipinang, sungai Buaran, serta 14 sungai lainnya.

Selain normalisasi sungai, Jokowi juga meminta Anies menyelesaikan masalah pembebasan tanah. Pembebasan tanah itu untuk menyelesaikan sodetan Ciliwung menuju Banjir Kanal Timur (BKT) yang ditargetkan rampung tahun ini.

"Saya kira bisa secepatnya dengan Gubernur untuk bisa menyelesaikan masalah pembebasan lahannya," terang Jokowi.

Guna mengatasi masalah banjir ke depan, Jokowi juga meminta agar pembangunan Bendungan Sukamahi dan Bendungan Ciawi segera rampung. Ia meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar menyelesaikan hal itu.

Baca Juga: Prediksi cuaca di Jakarta versi BMKG pasca peringatan Kedubes AS

Saat ini pembangunan bendungan telah mencapai 47%. Sekentara pembebasan tanah telah hampir selesai sebesar 95% sehingga perlu menyelesaikan sisanya.

Pada rapat itu selain dihadiri Anies, ada pula Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Banten Wahidin Halim. Selain itu turut hadir Walikota Bekasi Rahmat Effendi, Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin, dan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya.

Meski begitu Jokowi bilang sebagai ibu kota, masalah Jakarta harus dilakukan sejumlah pihak termasuk Jabar dan Banten yang mengelilingi wilayah Jakarta. Sehingga bila tidak kerja sama tidak akan menyelesaikan masalah secara komprehensif.

Baca Juga: Banjir sudah surut, Pemprov DKI: Masih ada warga yang mengungsi




TERBARU

Close [X]
×