kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45775,30   4,34   0.56%
  • EMAS931.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.24%
  • RD.CAMPURAN 0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Banjir di underpass Gandhi Kemayoran tersisa satu meter


Minggu, 26 Januari 2020 / 15:29 WIB
Banjir di underpass Gandhi Kemayoran tersisa satu meter
ILUSTRASI. Warga ber swafoto saat banjir menutup terowongan di jalan Kota Baru Bandar Kemayoran, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Banjir yang terjadi di underpass Gandhi Kemayoran, Jakarta Pusat pada Minggu (26/1) siang tersisa setinggi satu meter.

Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banjir yang terjadi di underpass Gandhi Kemayoran, Jakarta Pusat pada Minggu (26/1) siang tersisa setinggi satu meter. Kepala Tim Siaga Banjir Koarmada I Letkol Laut (P) Maswedi mengatakan, berbagai pihak terus memompa keluar air yang menggenangi underpass tersebut.

"Terakhir di cek tinggal satu meter. Tengahnya loh ya. Jadi kedalaman maksimal itu satu meter," kata Maswedi kepada wartawan di lokasi, Minggu. Baca juga: Genangan di Underpass Kemayoran Baru Bisa Kering Senin Lusa Maswedi mengatakan, unit pompa yang menyedot genangan terdiri dari satu pompa milik TNI AL, dua unit dari PUPR, empat pompa dari pengelola Kemayoran, dua unit Sudin SDA Jakarta Pusat ada dua, dan dua unit dari Sudin SDA Jakarta Utara.

Baca Juga: Kepala Sekretariat Presiden ajak Pemda DKI bahas permasalahan banjir Kemayoran

Maswedi mengatakan bahwa air yang menggenangi underpass tersebut dipompa ke saluran air yang tak jauh dari lokasi. "Dialirkan ke gorong-gorong. Ini terus ke Kali Sunter," ujar Maswedi.

Sementara itu, Arianto salah satu petugas dari Sudin SDA Jakarta Utara menyampaikan hari ini adalah hari keempat mereka memompa air di sana. "Ini nonstop 24 jam, ini udah hari keempat kami di sini," ujar Arianto.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi, sejumlah petugas nampa berupaya menyalakan pompa-pompa air yang sempat diistirahatkan. Sebagian petugas SDA berbaju biru tampak berjalan ke tengah underpass dan terlihat air menggenang setinggi dadanya.

Baca Juga: Ini alasan underpass Kemayoran masih terendam banjir

Selain itu di sekitar lokasi terlihat petugas SDA dan TNI ada yang beristirahat setelah bekerja nonstop. Adapun underpass Gandhi ini sempat terendam banjir sampai kedalaman antara 10 sentimeter sampai 250 sentimeter atau 2,5 meter pada Jumat (24/1). Mulanya Pemprov DKI sempat tidak memompa air di lokasi ini karena merupakan wewenang Sekretariat Negara. (Jimmy Ramadhan Azhari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Banjir di Underpass Gandhi Kemayoran Tersisa 1 Meter.




TERBARU
Terpopuler

[X]
×