HOME

Berniat buat aplikasi transportasi, Dishub DKI bakal gabungkan Grab dan Gojek

Kamis, 06 Agustus 2020 | 10:29 WIB Sumber: Kompas.com
Berniat buat aplikasi transportasi, Dishub DKI bakal gabungkan Grab dan Gojek

ILUSTRASI. Dishub DKI ingin membuat aplikasi untuk menggabungkan moda transportasi online

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta berencana membuat aplikasi khusus transportasi yang melibatkan seluruh moda transportasi. Aplikasi ini turut mencakup layanan transportasi online Grab dan Gojek. 

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya tengah menggarap sebuah aplikasi super atau Super Apps. Aplikasi ini yang akan mendukung integrasi moda transportasi di Jabodetabek (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi). 

"Kami akan mendudukkan posisi angkutan daring dalam rencana pengembangan ke depan, istilahnya Super Apps. di dalamnya juga terdapat Grab dan Gojek, baik kendaraan online roda dua atau empat," ungkapnya dalam webinas SBM ITB, Rabu (5/8). 

Baca Juga: Jangan lupa, tilang ganjil genap Jakarta juga berlaku di 28 gerbang tol ini

Ia bilang, transportasi online memiliki peranan penting sebagai angkutan mengumpan (feeder) ke moda transportasi massal. Oleh sebab itu, penting untuk melibatkan transportasi online dalam integrasi moda transportasi di ibu kota. 

"Bicara penggunaan angkutan umum, maka untuk angkutan daring menjadi penting peranannya. Oleh sebab itu, dari presfektif Dishub saat ini kami mencoba mendorong terintegrasinya seluruh layanan angkutan umum massal," kata Syarif. 

Dia menjelaskan, aplikasi super tersebut bukan menjadi pengganti aplikasi Grab dan Gojek yang saat ini sudah ada. Melainkan, hanya sebagai media yang menyediakan perbandingan penggunaan antar moda transportasi, baik online maupun konvensional. 

Editor: Anna Suci Perwitasari


Terbaru