Besok, Kereta Bandara YIA resmi bertarif

Kamis, 16 September 2021 | 23:13 WIB Sumber: Kompas.com
Besok, Kereta Bandara YIA resmi bertarif

ILUSTRASI. Penumpang berada di dalam Kereta Api (KA) Bandara di Stasiun Tugu, Yogyakarta, Rabu (8/5/2019).

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulfikri mengatakan tarif Kereta Api (KA) Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) resmi diberlakukan mulai Jumat, 17 September 2021.

Penerapan tarif KA Bandara tersebut seiring dengan telah berakhirnya masa sosialiasi dan uji coba secara gratis kepada masyarakat yang diberlakukan sejak 1 September hingga 16 September 2021.

“KA Bandara YIA akan beroperasi komersial mulai tanggal 17 September 2021, dengan tarif resmi yang telah ditetapkan pemerintah," kata Zulfikri dalam keterangannya, Kamis (16/9/2021).

Baca Juga: Kementerian Investasi gandeng Angkasa Pura tawarkan pengembangan Bandara Kualanamu

Zulfikri menjelaskan adapun besaran tarif tiket yang diterapkan yaitu sebesar Rp 20.000 untuk rute Yogyakarta-Bandara YIA. Lalu tarif sebesar RP 10.000 untuk rute Yogyakarta-Wates, tarif dan Rp 20.000 untuk rute Wates-Bandara YIA.

"Mulai besok KA Bandara YIA sudah bisa dipergunakan bagi masyarakat umum dengan tarif tiket antara Rp 10.000 hingga Rp 20.000," ujarnya.

Sementara itu, untuk jadwal yang diberlakukan masih sama dengan periode uji coba yakni delapan kali perjalanan per hari. Rinciannya yaitu empat perjalanan dari Stasiun Yogyakarta dan empat perjalanan dari Bandara YIA.

Masyarakat dapat membeli tiket KA bandara ini melalui aplikasi KAI Access atau ke loket pembelian langsung di Stasiun Yogyakarta, Wates, dan Stasiun KA Bandara YIA.

Baca Juga: Angkasa Pura Properti cari mitra strategis kembangkan kawasan bandara Yogyakarta

“Dengan beroperasinya KA Bandara YIA ini, masyarakat dapat menempuh waktu lebih cepat ke Bandara YIA yaitu sekitar 40 menit dari Yogyakarta, dari waktu rata-rata 1,5 jam bila menggunakan kendaraan mobil atau moda transportasi lainnya," tutur Zulfikri.

Zulfikri menilai sejak masa uji coba operasional, KA Bandara YIA mendapatkan respon positif dari masyarakat. Hingga 13 September 2021, sebanyak 3.646 penumpang yang telah menggunakan moda transportasi berbasis kereta tersebut. (Ardiansyah Fadli)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mulai Jumat 17 September, KA Bandara YIA Resmi Bertarif"

 

Editor: Yudho Winarto
Terbaru