Biden prediksi Jakarta tenggelam 10 tahun lagi, ini repons Wagub DKI

Minggu, 01 Agustus 2021 | 12:24 WIB   Reporter: Vendy Yhulia Susanto
Biden prediksi Jakarta tenggelam 10 tahun lagi, ini repons Wagub DKI

ILUSTRASI. Warga beraktivitas di proyek pembangunan tanggul pengaman pantai DKI Jakarta Tahap II di Kawasan Cilincing, Jakarta, Jumat (8/12).

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Presiden Amerika Serikat Joe Biden memprediksi DKI Jakarta akan tenggelam 10 tahun lagi. Disebutkan bahwa hal itu karena adanya ancaman penurunan tanah dan naiknya air laut dampak perubahan iklim.

Menanggapi hal itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, bahwa DKI Jakarta datarannya rendah. Namun demikian, tidak berarti bahwa wilayah Jakarta akan tenggelam 10 tahun lagi.

“Di Jakarta memang ada penurunan muka tanah setiap tahun. Namun, tidak berarti 10 tahun (lagi) Jakarta tenggelam,” ujar Riza kepada wartawan, Sabtu (31/7).

Baca Juga: Joe Biden sebut Kota Jakarta bakalan tenggelam 10 tahun lagi

Riza mengatakan, Pemprov DKI Jakarta tetap mengupayakan agar hal tersebut tidak terjadi. Diantaranya penyedotan air tanah, peningkatan pipanisasi PAM Jaya agar kebutuhan air bersih semua dari PAM.

Pemprov DKI Jakarta bersama Kementerian PUPR juga terus membuat program percepatan pipanisasi, peningkatan akses air bersih, dan air minum di DKI Jakarta. Hal ini dinilai bisa mengurangi penurunan muka air tanah di Jakarta.

“Saya kira tidak seperti yang disampaikan demikian bahwa Jakarta akan tenggelam. Kami terus menyiapkan program agar ROB di Jakarta Utara bisa diatasi. Jadi InsyaAllah Jakarta tidak tenggelam 10 tahun lagi,” ucap Riza.

Selanjutnya: Analisis Lingkungan Prediksi Banyak Sentra Produksi Apparel di Asia Bakal Terendam

 

Editor: Noverius Laoli
Terbaru