Bolehkah melakukan perjalanan di wilayah aglomerasi saat Idul Adha?

Selasa, 20 Juli 2021 | 03:45 WIB Sumber: Kompas.com
Bolehkah melakukan perjalanan di wilayah aglomerasi saat Idul Adha?


PPKM - JAKARTA. Saat hari raya Idul Adha, sudah menjadi tradisi jika hari bahagia ini dirayakan bersama keluarga dan sanak famili. 

Namun sejak setahun belakangan ini, tradisi tersebut tidak bisa dilakukan karena pandemi. Termasuk kebiasaan mengunjungi rumah kerabat di wilayah aglomerasi atau area kabupaten/kota yang lokasinya berdekatan atau saling menyangga. Salah satu contohnya seperti wilayah Jabodetabek. 

Adita Irawati, Juru Bicara Kementerian Perhubungan, mengatakan, pada libur Idul Adha kali perjalanan di wilayah aglomerasi khusus hanya untuk kegiatan esensial dan sektor kritikal. 

"Perjalanan rutin di wilayah aglomerasi akan mengikuti ketentuan saat ini, Surat Edaran (SE Menteri Perhubungan) No. 49 dan 50,” ujar Adita, dalam konferensi virtual yang disiarkan Youtube BNPB Indonesia (17/7/2021). 

Baca Juga: Berlaku hingga 25 Juli, ini pembatasan kegiatan selama libur Idul Adha

“Ketentuan untuk perjalanan rutin di kawasan aglomerasi menggunakan transportasi darat dan kereta api, ini akan tetap diberlakukan wajib menunjukkan STRP maupun surat keterangan lain,” kata dia. 

Seperti diketahui, dalam SE tersebut disebutkan, perjalanan rutin dengan moda transportasi darat dalam satu wilayah aglomerasi perkotaan wajib dilengkapi dengan persyaratan dokumen. 

Dokumen tersebut berupa STRP atau surat keterangan lain yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah setempat, atau surat tugas yang ditandatangani oleh pimpinan perusahaan atau pejabat minimal eselon 2 (untuk pemerintahan) dan berstempel/cap basah atau tanda tangan elektronik. 

Baca Juga: Evaluasi PPKM Darurat: Testing dan tracing kunci penurunan kasus Covid-19

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru