Budi Waseso lantik Ridwan Kamil jadi Majelis Pembina Daerah Pramuka Jabar

Rabu, 13 Februari 2019 | 14:15 WIB Sumber: Kompas.com
Budi Waseso lantik Ridwan Kamil jadi Majelis Pembina Daerah Pramuka Jabar


KONTAN.CO.ID - BANDUNG. Ketua Kwarnas Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso melantik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi Majelis Pembina Daerah (Mabida) Pramuka Jabar. Proses pelantikan berlangsung di Aula Barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Rabu (13/2/2019).

Dalam kesempatan itu, Budi berharap kehadiran Ridwan Kamil dapat memberi sentuhan baru dalam pengembangan Pramuka di Jabar.

"Karena gubernur Jabar sudah berganti, maka jabatan sebagai pembina daerah itu Pak Ridwan Kamil. Maka hari ini saya lantik beliau. Supaya program Pramuka di Jabar tidak berhenti. Karena pembinaan Pramuka ada tanggungjawab dari kepala daerah wilayah termasuk kota kabupaten. Sehingga berkesinambungan terus pembinaan pramuka ke depan," kata Budi, usai pelantikan.

Ia mengatakan, eksistensi Pramuka di Jabar diharapkan mampu menggiring generasi milenial dan generasi Z ke arah lebih baik dan membentengi anak muda dari faham radikalisme.

"Di antaranya kan ada paham radikalisme, kekerasan, sekarang sudah kita lihat. Nah ini harus kita tangkal dengan bagaimana peran pendidikan dan kepramukaan itu bisa menangkal radikal termasuk budaya kekerasan yang sebenarnya tidak sesuai dengan negara kita ya. Karena negara kita negara Pancasila," jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak Pramuka di Jabar untuk membantu ragam program di Jawa Barat. Menurut dia, Pramuka merupakan salah satu organisasi yang fleksibel dan mampu beradaptasi dengan zaman.

"Ini adalah hari yang ditunggu-tunggu, karena Jabar kan punya semangat Ngabret, gaspol gitu. Setelah hari ini kita akan memaksimalkan, karena dari semua organisasi hanya pramuka yang paling fleksibel beradaptasi dengan dinamika zaman, nah sehingga kita berharap pramuka menjadi sebuah elemen yang menjadi inspirasi pemuda Indonesia," kata Ridwan. (Dendi Ramdhani)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Budi Waseso Lantik Ridwan Kamil Jadi Majelis Pembina Daerah Pramuka Jabar"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru