Bukan Jebakan, Bakal Ada Kompetisi untuk Pelaku Balap Liar oleh Polda Metro Jaya

Senin, 20 Desember 2021 | 08:30 WIB Sumber: Kompas.com
Bukan Jebakan, Bakal Ada Kompetisi untuk Pelaku Balap Liar oleh Polda Metro Jaya


GAYA HIDUP - JAKARTA. Beberapa waktu belakangan, masyarakat dicemaskan oleh maraknya fenomena balap liar. Bahkan pada beberapa kasus, pelaku balap liar bertindak anarkis pada orang yang hendak melarang atau membubarkan balap liar. 

Berkaca dari hal ini, Polda Metro Jaya berencana memfalisiltasi kegiatan balap liar dengan mengadakan ajang balap motor di Jakarta pada Januari 2022. 

Peserta kompetisi tersebut nantinya merupakan pelaku balap liar jalanan yang sering diburu polisi. 

Hal ini ditegaskan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Pol Sambodo Purnomo Yogo, yang menegaskan bahwa Kepolisian serius akan memfasilitasi pembalap jalanan itu dengan ajang balapan motor resmi. 

Menurut Sambodo, sejumlah lokasi penyelenggaraan balapan pun sudah dipetakan. Bahkan sudah disiapkan Forum Group Discussion (FGD) dengan berbagai pihak, termasuk para pelaku balap liar, pada Rabu pekan depan, 22 Desember 2021. 

Baca Juga: Berlangsung hingga 28 November, ini lokasi dan denda operasi Zebra Jaya 2021

“Jenis balapan motor tergantung keinginan mereka yang berkepentingan, drag race atau road race,” ucap Sambodo, Sabtu (18/12/2021). 

Sambodo menjelaskan, bahwa ajang drag race membutuhkan lintasan lurus sepanjang 600 meter, yang terbagi 400 meter untuk balapan dan 200 meter untuk jarak pengereman. Bisa saja ditambah 50 meter untuk persiapan lomba dan sebagainya. 

“Kalau ternyata road race, kami harus cari juga (lokasi) yang memang selama ini untuk road race,” katanya. 

Sebelumnya, rencana Polda Metro Jaya menyelenggarakan balap motor resmi di Jakarta untuk mengakomodasi pelaku balap liar pertama dilontarkan Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Fadil Imran. 

Baca Juga: Bekasi akan punya sirkuit permanen mulai tahun depan, lokasinya di Vida Bekasi

Melalui unggahan di akun Instagram @kapoldametrojaya, Fadil mengatakan polisi berencana mengundang para pelaku balap liar motor untuk berdiskusi. 

Mantan Kapolda Jawa Timur itu memastikan ajakan itu bukan jebakan tapi murni untuk memfasilitasi anak muda yang kerap balapan liar di jalanan Ibu Kota.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polda Metro Jaya Gelar Kompetisi buat Pelaku Balap Liar Januari 2022"
Penulis : Aprida Mega Nanda
Editor : Azwar Ferdian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru