kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45688,11   9,81   1.45%
  • EMAS918.000 0,77%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Bukittinggi umumkan pasien positif virus corona pertama di Sumatra Barat


Kamis, 26 Maret 2020 / 13:18 WIB
Bukittinggi umumkan pasien positif virus corona pertama di Sumatra Barat
ILUSTRASI. Ilustrasi virus corona

Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seorang pasien di Rumah Sakit Ahmad Muchtar Bukittinggi, Sumatra Barat, dinyatakan positif terjangkit virus corona atau Covid-19. 

Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias menyebutkan, pasien tersebut merupakan seorang perempuan berusia 48 tahun dan saat ini sedang diisolasi di RSAM Bukittinggi. 

"Dengan jujur saya bilang, ada satu warga kami positif," kata Ramlan saat dihubungi Kompas.com, Kamis (26/3). 

Baca Juga: Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet rawat 208 pasien hingga Kamis pagi

Ramlan menyebutkan, pasien itu dinyatakan positif setelah hasil uji laboratoriumnya sudah keluar dan menyatakan positif Covid-19. 

Menurut Ramlan, pasien kemungkinan tertular dari suaminya yang datang dari Malaysia. "Namun suaminya ini sehat. Hari ini kami jemput keluarganya, termasuk anak-anaknya, ada 4 orang semuanya," kata Ramlan. 

Pemkot Bukittinggi akan melalukan tracing terhadap orang-orang yang melakukan kontak dengan pasien. "Dia punya toko, akan kami telusuri ke mana saja dia. Ini akan kami lakukan," kata Ramlan. 

Laboratorium di Sumbar Setelah ditunjuk Kementerian Kesehatan, Laboratorium Rumah Sakit Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatra Barat, memeriksa 22 sampel pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 di Sumbar. 

Baca Juga: Rumah Sakit corona di Pulau Galang bisa beroperasi pada 30 Maret mendatang

Sampel itu berasal dari PDP corona yang diisolasi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang dan Rumah Sakit Ahmad Mochtar Bukittinggi. 

Dengan tersedianya laboratorium, otoritas terkait yang menangani langsung Covid-19 tidak perlu lagi mengirim uji sampel ke laboratorium Kemenkes di Jakarta. Hasil uji sampel yang dites di laboratorium ini bisa diketahui dalam 1x24 jam. (Perdana Putra)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wali Kota Bukittinggi Umumkan Pasien Positif Corona Pertama di Sumbar".




TERBARU

Close [X]
×