Car free day kembali digelar hari ini, jangan lupa terapkan protokol kesehatan

Minggu, 21 Juni 2020 | 04:45 WIB Sumber: Kompas.com
Car free day kembali digelar hari ini, jangan lupa terapkan protokol kesehatan


DKI JAKARTA - JAKARTA. Hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau  car free day ( CFD) di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin, akan kembali digelar pada Minggu (21/6) hari ini. 

Pemprov DKI Jakarta telah meniadakan car free day sejak 15 Maret 2020 untuk mencegah penularan Covid-19. 

"Untuk hari minggu sudah ada HBKB," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di fX Sudirman, Jakarta Pusat, dalam rekaman yang dibagikan kepada wartawan, Kamis (18/6). 

Baca Juga: Hingga 14 Juni, sebanyak 527 pasien Covid-19 dirawat di Wisma Atlet

Syafrin menjelaskan, car free day pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin berolahraga. 

Oleh karena itu, para pedagang kaki lima dilarang berjualan di area CFD selama masa PSBB transisi. Syafrin mengimbau masyarakat yang berolahraga di kawasan CFD tetap menjalankan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19. 

"Pedagang kaki lima tidak diperbolehkan, sementara HBKB untuk berolahraga dengan menerapkan prinsip protokol kesehatan," ujar Sayfrin. 

Nantinya, lanjut Syafrin, Dishub DKI akan mengevaluasi pelaksanaan CFD pertama pada masa PSBB transisi tersebut. 

Baca Juga: Hingga Kamis (28/5), baru 18,5% penduduk yang ikut sensus penduduk online

"Jadi, HBKB akan diaktivasi hari minggu besok, tentu ini jadi uji coba di masa transisi dan kita akan lakukan evaluasi," katanya.

Penulis : Rindi Nuris Velarosdela
Editor : Irfan Maullana

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Minggu Ini Car Free Day Kembali Digelar untuk Olahraga, PKL Dilarang Berjualan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru