Catat! One Way Tol ke Jakarta Diperpanjang Sampai Waktu yang Tak Ditentukan

Senin, 09 Mei 2022 | 06:22 WIB Sumber: Kompas.com
Catat! One Way Tol ke Jakarta Diperpanjang Sampai Waktu yang Tak Ditentukan

ILUSTRASI. PT Jasa Marga bakal menerapkan sistem one way di jalan tol menuju ke Jakarta. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga bakal menerapkan sistem one way di jalan tol menuju ke Jakarta. Kebijakan ini akan diterapkan sampai batas waktu yang tidak ditentukan. 

Hal tersebut diinformasikan oleh pihak Jasa Marga melalui @official.jasamarga, Sabtu (7/5/2022). 

Dalam unggahan tersebut, pihak Jasa Marga menginfokan bahwa sistem one way akan diperpanjang sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Oleh karena itu, Jasa Marga mengimbau kepada para pemudik yang menggunakan fasilitas jalan tol untuk mematuhi arahan dari petugas di lapangan. 

Penjelasan Jasa Marga 

Marketing and Communication Departement Head Jasa Marga Metropolitan Tollroad Irra Susiyanti mengatakan, sistem one way di sepanjang jalan tol ke arah Jakarta akan diperpanjang sesuai dengan diskresi pihak kepolisian. 

Perpanjangan sistem one way ini akan diterapkan sesuai dengan situasi dan kondisi arus lalu lintas. 

"Tentunya melihat kondisi lalin juga," terang Irra, saat dikonfirmasi oleh Kompas.com, Minggu (8/5/2022). 

Hal serupa juga disampaikan oleh staf Humas PT Jasa Marga Jakarta-Cikampek Irwansyah. Ia mengungkapkan bahwa penerapan sistem one way akan dilakukan sesuai dengan diskresi dari kepolisian. 

Baca Juga: Hingga H+5, 47% Kendaraan Belum Kembali ke Jabodetabek

"Kalau waktu dan kapan akan ditutup itu merupakan diskresi dari kepolisian," ujarnya, saat dihubungi oleh Kompas.com, Minggu (8/5/2022).

Pihak Jasa Marga mengaku akan mengikuti arahan diskresi dari kepolisian dan mendukung penerapan rekayasa arus balik Lebaran 2022. 

Penerapan one way bersifat situasional

Sebagaimana diberitakan Kompas.com (8/5/2022), Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan bahwa penerapan sistem lalu bersifat situasional, sehingga tidak dapat dipastikan waktu berakhirnya. 

Oleh karena itu, Firman mnegimbau agar masyarakat tidak perlu menunda mobilitas hingga penerapan one way arus balik Lebaran 2022 selesai. 

Selain itu, penerapan one way ini juga bisa saja diberlakukan selama 24 jam nonstop hingga puncak arus balik yang terjadi pada Minggu (8/5/2022). 

Baca Juga: Total Volume Lalin yang Kembali ke Jabotabek Naik 58% pada H+4 Lebaran

Adapun bagi masyarakat yang terdampak penerapan sistem one way, bisa melaksanakan perjalanan pada sore atau malam hari ketika jalan arteri mulai sepi. 

"Apabila rekan-rekan ada yang menuju lokasi-lokasi yang tidak bisa menggunakan jalan tol, silahkan manfaatkan waktu sore atau malam hari, di mana masyarakat lokal sudah mulai istirahat, jalan agak cukup lengang," ujarnya. 

"Saya perlu ingatkan dan perlu sampaikan, khususnya kepada masyarakat yang mungkin terkena dampak dari penerapan one way ini. Mohon sekali lagi pengertiannya. Kita akan bersama-sama di jalan raya, manfaatkan jalur-jalur yang ada," imbuh Firman. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru