Cegah corona, Pemprov DKI minta warga tak gelar lomba panjat pinang saat 17 Agustus

Sabtu, 08 Agustus 2020 | 07:00 WIB Sumber: Kompas.com
Cegah corona, Pemprov DKI minta warga tak gelar lomba panjat pinang saat 17 Agustus


PERAYAAN HUT KEMERDEKAAN RI - JAKARTA. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta Arifin meminta warga untuk tidak menggelar lomba panjat pinang saat perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Pasalnya, lomba panjat pinang dianggap bisa menimbulkan kerumunan yang dapat memicu penularan Covid-19. 

Apalagi panjat pinang dilakukan secara berkelompok dan tak menjamin pesertanya menggunakan masker. 

"Agak sulit ya, masker susah dipakai, orang manjat beramai-ramai juga saling bersentuhan. Jadi, sebaiknya saran saya tidak ada kegiatan yang berkaitan dengan panjat pinang ya," ucap Arifin saat dikonfirmasi, Jumat (7/8).

Baca Juga: 17 Agustus, pemerintah ajak masyarakat bersikap sempurna saat pengibaran bendera

Tak hanya panjat pinang, Arifin juga menyarankan warga tak melaksanakan kegiatan atau lomba lainnya yang menyebabkan penularan. 

"Kegiatan atau aktivitas warga yang berpotensi terjadi penularan sebaiknya ditiadakan," kata dia. 

Arifin mengaku saat ini Pemprov DKI juga tengah mengkaji kegiatan apa saja yang boleh dilaksanakan saat 17 Agustus nanti. 

"Tentu kita akan kaji jenis lomba apa saja yang boleh dilakukan, mungkin nanti sebelum pelaksanaan 17-an mungkin ada kebijakan yang kami keluarkan. Tentunya sekali lagi, kalau ada kebijakan yang meniadakan, itu semata-mata dalam rangka memberikan perlindungan dan memutus mata rantai," tuturnya. 

Adapun, Pemprov DKI Jakarta melarang kegiatan perayaan HUT ke-75 Republik Indonesia yang bisa mengundang kerumunan warga. 

Pasalnya, peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia tahun ini berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19. 

Baca Juga: Agustus ini, Pertamina tebar promo cashback 30% membeli BBM

"Untuk kegiatan yang akan terjadi kerumunan warga dan sulit diterapkan protokol kesehatan, ditiadakan," kata Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri DKI Jakarta Muhammad Mawardi, Kamis.

Penulis : Ryana Aryadita Umasugi
Editor : Jessi Carina

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Pemprov DKI Minta Warga Tak Gelar Lomba Panjat Pinang Saat 17 Agustus"

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru