Cegah penyebaran corona, akses masuk pelabuhan di Papua tutup mulai 26 Maret

Kamis, 26 Maret 2020 | 14:52 WIB   Reporter: Selvi Mayasari
Cegah penyebaran corona, akses masuk pelabuhan di Papua tutup mulai 26 Maret

ILUSTRASI. Satgas Yonif Mekanis Raider 411 Kostrad Pos Kout Sota, Koramil 1707-16/Sota, Polsek Sota, Bea Cukai Sota, Kantor Imigrasi Sota, Stasiun Karantina Ikan Sota, Stasiun Karantina Pertanian Wilker Sota, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Wilker Sota dan Puskesma


VIRUS CORONA - JAKARTA. Dalam rangka pencegahan, pengendalian dan penanggulangan virus corona (Covid-19) khususnya di Provinsi Papua, sesuai dengan kesepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi Papua, Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, serta dengan seluruh stakeholder, maka akan dilakukan penutupan pelabuhan pelayaran kapal penumpang di pintu-pintu masuk wilayah Papua.

"Penutupan Pelabuhan khusus penumpang mulai berlaku 26 Maret sampai dengan 9 April 2020," ujar Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Jayapura Ferra J. Alfaris dalam keterangan resmi, Rabu (25/5).

Baca Juga: Suami pasien virus corona pertama di Sumatra Barat ikut Tablig Akbar di Malaysia

Ferra mengatakan penandatanganan kesepakatan bersama tersebut sesuai surat pernyataan Gubernur Papua Nomor 440/3235/SET Tanggal 17 Maret 2020. Status pencegahan dan penanganan Covid-19 Provinsi Papua adalah siaga darurat dimulai tanggal 17 Maret sampai dengan 17 April 2020.

"Penutupan akses masuk melalui pelabuhan ini dilakukan salah satunya akan dilakukan tes medis terkait Covid-19 untuk memastikan status medis setiap orang di wilayah Provinsi Papua," tutur Ferra.

Ferra juga mengingatkan kepada masyarakat yang memiliki rencana untuk berkunjung ke Papua dalam waktu dekat untuk menunda rencana tersebut.

Baca Juga: Sejumlah daerah tutup akses, Wapres Ma'ruf Amin tekankan tak ada lockdown

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru