CFD di Thamrin Jakarta ditiadakan kembali, ini penggantinya

Kamis, 25 Juni 2020 | 10:22 WIB   Reporter: Adi Wikanto
CFD di Thamrin Jakarta ditiadakan kembali, ini penggantinya

ILUSTRASI. JAKARTA,21/06-CFD KEMBALI DIGELAR. Warga berolahraga saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di kawasan Jalan Sudirman Jakarta, Minggu (21/6). Pemprov DKI Jakarta kembali m


JAKARTA - Jakarta. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memutuskan meniadakan kembali car free day / CFD Jakarta alias Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jalan Sudirman-MH Thamrin mulai Minggu, 28 Juni 2020. Namun Pemprov Jakarta menyiapkan CFD di wilayah lain.

CFD Jakarta di Jalan Sudirman-MH Thamrin sempat dibuka kembali pada Minggu (21/6). Namun, CFD Jakarta di Jalan Sudirman-MH Thamrin Jakarta tersebut dipadati pengunjung yang beraktivitas baik bersepeda, lari, maupun jalan kaki. "Total yang melakukan kegiatan ada 21.342 pejalan kaki dan 18.813 pesepeda, angkanya cukup banyak," ungkap Syafrin, dikutip dari situs Beritajakarta.id, situs berita milik Pemprov DKI Jakarta, Kamis (25/6).

Kondisi itu yang menjadi pertimbangan Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk menutup kembali CFD di Jalan Sudirman-MH Thamrin Jakarta. Sebagai ganti CFD di Jalan Sudirman-MH Thamrin Jakarta, Pemprov DKI Jakarta  menyebar lokasi pelaksanaan CFD agar tidak terjadi kepadatan warga dan sebagai upaya pencegahan penularan COVID-19.

Ada 32 lokasi pengganti CFD di Jalan Sudirman-MH Thamrin Jakarta. Lokasi tersebut antara lain: ;

1. Jalan Suryo Pranoto

2. Sisi Danau Sunter Selatan

3. Jalan Gajah Mada

4. Jalan Hayam Wuruk

5. Jalan Pemuda

6. Jalan Layang Non Tol (JLNT) Antasari

7. Jalan Percetakan Negara 2

8. Jalan Pejagalan Raya

9. Jalan Paseban Raya

10. Jalan Zamrud Raya

11. Jalan Pramuka Sari I

12. Jalan Danau Tornado

13. Jalan Amir Hamzah

14. Sisi Inpeksi Kali Sunter Rawa Badak Selatan

15. Jalan Kelapa Hibrida Sukapura

16. Jalan Pulau Maju Bersama

17. Jalan Benyamin Sueb

18. Jalan Arteri Pegangsaan Dua

19. Jalan RA Fadillah

20. Jalan Inspeksi Kanal Banjir Barat (KBT)

21. Jalan Raden Inten

22. Jalan Bina Marga

23. Jalan Sultan Iskandar Muda - Arteri Pondok Indah

24. Jalan Tebet Barat Dalam Raya

25. Jalan Kesehatan Raya

26. Jalan Cipete Raya

27. Jalan Puri Harum

28. Jalan Puri Ayu

29. Jalan Puri Elok

30. Jalan Puri Molek

31. Jalan Puri Ayu 1

32. Jalan Puri Molek 1

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo merinci, tujuh lokasi memang rutin digunakan sebagai HBKB wilayah, ditambah 25 ruas jalan yang juga akan dioptimalkan sebagai ruang publik bagi warga yang akan berolahraga. "Pelaksanaan HBKB di 32 lokasi itu dimulai pukul 06.00 sampai 09.00. Kami minta yang ingin berolahraga menjangkau lokasi-lokasi terdekat untuk menghindari terjadinya kerumunan," ujar Syafrin

Meski demikian, masyarakat dihimbau menerapkan protokol pencegahan penyebaran virus corona. Masyarakat harus mengenakan masker / face shield. Membawa botol minum, tisu, kantong plastik untuk sampah dll.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru