Cilacap waspada banjir rob akibat air pasang

Kamis, 22 Desember 2016 | 15:50 WIB Sumber: Antara
Cilacap waspada banjir rob akibat air pasang


CILACAP. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap, Jawa Tengah, mengimbau warga di pesisir selatan kabupaten itu mewaspadai kemungkinan terjadinya rob atau banjir akibat air pasang. 

Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap Tri Komara Sidhy mengatakan, berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), tinggi gelombang maksimum di wilayah pantai dapat mencapai 4 meter. 

"Sedangkan besok (23/12) malam diperkirakan terjadi pasang maksimum hingga 1,7 meter dan kondisi angin saat sekarang cukup kencang," katanya, Kamis (22/12).

Dengan kondisi tersebut, rob berpotensi terjadi seperti yang melanda sejumlah wilayah di pesisir selatan Kabupaten Cilacap beberapa bulan lalu. Oleh karena itu, pihaknya dalam setiap kesempatan selalu mengimbau camat dan kepala desa atau lurah untuk selalu mengingatkan warganya agar siaga terhadap kemungkinan terjadinya rob maupun bencana lainnya.

Ia mengatakan beberapa wilayah yang rawan terkena rob di antaranya Kecamatan Cilacap Tengah, Cilacap Selatan, Adipala, Binangun, dan Nusawungu. "Kalau warga Kecamatan Kampung Laut sudah biasa menghadapi rob, sehingga mereka selalu siaga," katanya. 

"Berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika), tinggi gelombang maksimum di wilayah pantai dapat mencapai 4 meter sedangkan besok (23/12) malam diperkirakan terjadi pasang maksimum hingga 1,7 meter dan kondisi angin saat sekarang cukup kencang. 

Dalam kesempatan terpisah, Prakirawan Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap Adnan Dendy Mardika mengatakan, kemungkinan adanya potensi rob akibat pengaruh gelombang tinggi dan pasang maksimum pada Jumat (23/12) malam terutama jika terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Berdasarkan pengamatan citra satelit, tinggi gelombang maksimum di wilayah pantai maupun Samudra Hindia selatan Cilacap pada hari Jumat (23/12) diperkirakan mencapai 4 meter, sedangkan pasang maksimum diperkirakan mencapai 1,7 meter pada pukul 19.00 WIB.

(Sumarwoto)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru