Dampak PSBB Jakarta, perantau yang mudik ke Wonogiri melonjak

Kamis, 17 September 2020 | 12:58 WIB Sumber: Kompas.com
Dampak PSBB Jakarta, perantau yang mudik ke Wonogiri melonjak

ILUSTRASI. Lonjakan mudik ke Wonogiri terjadi sehari sebelum PSBB Jakarta kembali diterapkan.


PSBB - WONOGIRI. Jumlah warga perantau yang mudik ke Kabupaten Wonogiri melonjak sebelum Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sejak Senin (14/9). Bahkan lonjakan mudik terjadi sehari sebelum PSBB yang kembali ketat diterapkan di ibu kota Indonesia. 

“Hari Minggu (13/9) kemarin terjadi lonjakan penumpang baik yang berangkat maupun yang datang dari Jakarta. Jumlah penumpang yang datang sebanyak 2.286 orang dan berangkat 2.079 penumpang ,” kata Kepala Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri, Agus Hasto Purwanto kepada Kompas.com, Kamis (17/9). 

Dalam sepekan terakhir jumlah warga yang mudik ke Wonogiri dengan menumpang bus sebanyak 8.495 orang. Sementara warga yang berangkat balik ke Jakarta mencapai 9.660 orang. Agus mengatakan sehari setelah penerapan PSBB di Jakarta, arus mudik ke Wonogiri menurun drastis. Dua hari terakhir, warga yang pulang ke Wonogiri menumpang bus umum masing-masing Selasa (15/9) sebanyak 543 orang dan Rabu (16/9) sebanyak 791 orang. 

Penurunan penumpang yang mudik dan berangkat ke Jakarta berdampak pada jumlah bus yang beroperasi. Jumlah armada bus yang beroperasi setelah penerapan PSBB menurun hingga 50%. “Bus tetap operasi hanya tidak seperti hari biasanya,” kata Agus. 

Baca Juga: Kluster pilkada mulai muncul, pengumpulan massa saat kampanye sebaiknya dibatasi

Biasanya jumlah bus yang beroperasi masuk dan keluar terminal dalam sehari mencapai 115. Namun dua hari terakhir turun drastis paling rendah 57 bus. “Normalnya bus yang masuk keluar di terminal mencapai 100 sampai 110. Tapi sekarang sudah menurun di bawah 100. Meski sudah diterapkan PSBB masih tetap ada warga yang mudik dan berangkat ke Jakarta,” ujar Agus. 

Meski mengalami pasang surut jumlah penumpang dan bus yang beroperasi, Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri tetap memberlakukan protokol kesehatan yang ketat bagi penumpang dan kru bus. Agus mengaku belum mengetahui terkait PSBB ini apakah ada pembatasan penumpang yang berkenaan dengan transportasi. 

Dia mendapatkan informasi mulai Jumat ini jumlah penumpang dibatasi maksimal 50% dari kursi yang ada di bus. Agus menambahkan biasanya memasuki bulan suro kedatangan dan keberangkatan bus Jakarta sepi. Dia menduga masa pandemi yang belum usai menjadikan warga di perantauan banyak yang pulang dan kembali lagi ke Jakarta.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Dampak PSBB Jakarta, Perantau yang Mudik ke Wonogiri Melonjak.
Penulis : Kontributor Solo, Muhlis Al Alawi
Editor : Teuku Muhammad Valdy Arief

Selanjutnya: Kasus virus corona global segera melampaui 30 juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru