Darurat bencana Covid-19 di Depok diperpanjang sampai waktu yang belum ditentukan

Rabu, 01 Juli 2020 | 10:17 WIB Sumber: Kompas.com
Darurat bencana Covid-19 di Depok diperpanjang sampai waktu yang belum ditentukan

ILUSTRASI. Warga melintas di depan mural tentang COVID-19 di Pangkalan Jati Baru, Depok, Jawa Barat, Selasa (26/5/2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) wilayah Kota dan Kabupaten Bogor, Depok, Kota dan Kabupaten Bekasi (Bodebek) untuk sementara diperpanjang


VIRUS CORONA - DEPOK. Status tanggap darurat bencana Covid-19 di wilayah Depok kembali diperpanjang. Menurut Wali Kota Depok, Mohammad Idris, kebijakan ini merupakan perpanjangan untuk kedua kalinya di wilayahnya.

"Telah dikeluarkan Keputusan Wali Kota Depok Nomor 443/267/Kpts/DPKP/Huk/2020 tentang Perpanjangan Kedua Status Tanggap Darurat Bencana Covid-19 di Kota Depok," kata Idris melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (1/7/2020) pagi.

Baca Juga: Hingga Sabtu (20/6), kasus positif Covid-19 di Depok capai 704 pasien

Perpanjangan pertama status itu dimulai pada 30 Mei lalu dan berakhir Selasa kemarin. Dalam perpanjangan kedua itu, tak ada tanggal pasti soal jangka waktu status tanggap darurat bencana Covid-19 di Depok, sebab hanya bergantung pada keputusan di tingkat nasional.

Itu berarti, kapan berakhirnya status tanggap darurat bencana Covid-19 di Depok belum bisa dipastikan. "Masa tanggap darurat bencana ini diperpanjang kembali mulai tanggal 1 Juli 2020 sampai dengan dicabutnya status Bencana Non-Alam Penyebaran Covid-19 sebagai Bencana Nasional," kata Idris.

Baca Juga: Kasus baru Covid-19 di Indonesia tembus rekor, ini 4 faktor pemicunya

Perpanjangan status tanggap darurat bencana Covid-19 ini berbeda dengan perpanjangan PSBB. PSBB di Depok yang saat ini masuk dalam fase PSBB Proporsional level 3 (zona kuning) sejak 5 Juni 2020 silam, dijadwalkan berakhir Kamis besok.
Rapat evaluasi biasanya akan digelar unsur pimpinan di Kota Depok sebelum menerbitkan keputusan ihwal perpanjangan atau penghentian PSBB.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Darurat Bencana Covid-19 di Depok Diperpanjang Sampai Waktu yang Belum Ditentukan"
Penulis : Vitorio Mantalean
Editor : Egidius Patnistik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru