Demo FPI, polisi pakai pendekatan humanis

Senin, 16 Januari 2017 | 10:51 WIB Sumber: Kompas.com
Demo FPI, polisi pakai pendekatan humanis


JAKARTA. Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Iwan Kurniawan mengatakan, pihaknya telah siap melakukan pengamanan terhadap aksi unjuk rasa dari Front Pembela Islam (FPI) pada Senin (16/1/2-17) ini.

Iwan mengatakan, dalam pengamanan aksi itu pihaknya mengedepankan pendekatan humanis kepada para peserta aksi.

"Kami mengamankan unras (unjuk rasa) ini dengan mengedapankan persuasi dan humanis," kata Iwan di sekitar Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin.

Iwan mengatakan, perwakilan dari peserta aksi akan bertemu dengan perwakilan Polri. Aspirasi mereka akan disampaikan langsung ke Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.

"Jadi kami siapkan juga menerima perwakilan untuk bertemu dengan pejabat yang ditunjuk untuk audiensi aspirasi. Direncanakan salah satu Pati dari Div Humas yang akan menerima," kata dia.

Iwan mengimbau agar para peserta aksi tertib dalam menyampaikan aspirasinya. Diharapkan, massa membubarkan diri pada pukul 18.00 WIB.

Sekretaris Dewan Syuro FPI, Novel Bakmumin, kemarin menjelaskan bahwa FPI bersama dengan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa, akan menyerukan kepada Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian untuk mencopot Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Anton Charliyan. Tuntutan itu menyusul aksi kekerasan yang terjadi di Bogor beberapa waktu lalu.

"Kami meminta agar Kapolri cepat mencopot Kapolda Jabar karena terlibat premanisme," kata Novel saat dihubungi di Jakarta, Minggu.

FPI, kata Novel, akan menurunkan ratusan ribu anggotanya yang berasal dari Jabodetabek untuk ikut dalam aksi hari ini di Mabes Polri. (Akhdi Martin Pratama)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru