Jabodetabek

Di Rest Area KM 19 Tol Cikampek, Polda Metro Jaya sediakan layanan antigen gratis

Selasa, 27 April 2021 | 07:40 WIB Sumber: TribunNews.com
Di Rest Area KM 19 Tol Cikampek, Polda Metro Jaya sediakan layanan antigen gratis

ILUSTRASI. Swab tes antigen

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Sebelum penerapan larangan mudik mulai 6 sampai 17 Mei 2021, Ditlantas Polda Metro Jaya akan melakukan tes swab antigen gratis bagi para pemudik di Rest Area KM 19 Tol Cikampek.

Tes swab antigen gratis ini akan dilakukan mulai 1-5 Mei 202. Demikian diungkap Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Senin (26/4/2021).

“Pelaksanaan tes antigen di rest area KM 19 Tol Jakarta-Cikampek, yakni pada 1-5 Mei 2021,” kata Sambodo. Ia menjelaskan pelaksanaan tes antigen gratis digelar secara Drive Thru.

“Artinya, pengemudi tetap berada di mobil dan petugas kesehatan yang mendatangi untuk melakukan tes. Kuotanya antara 100 hingga 200 pengemudi dalam sehari,” katanya.

Baca Juga: Pos polisi untuk larangan mudik Lebaran 2021 di Solo beroperasi, ini lokasinya

Tes antigen tambahnya diberlakukan untuk pengemudi yang tidak bisa menunjukkan surat swab atau bebas Covid-19 dalam melakukan perjalanan.

“Nanti ada 100-200 per hari. Jadi untuk lima hari kita akan siapkan 1.000 untuk pelaksanaan swab antigen gratis,” katanya. Untuk yang diketahui reaktif atau positif kata Sambodo pihaknya akan memutar balik kendaran dan merujuk yang bersangkutan untuk isolasi mandiri.

Menurutnya setelah itu, yakni mulai 6 Mei pihaknya langsung menerapkan penyekatan untuk pelarangan mudik dan memutar balik semua pemudik.

Kecuali kata dia pihak-pihak yang diatur boleh melakukan perjalanan. “Tanggal 6 Mei 2021 kita mulai lakukan larangan mudik dengan penyekatan sampai ranggal 17 Mei,” katanya.

Sementara, dua orang calon penumpang tercatat positif Covid-19 setelah mengikuti tes GeNose di Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara. Hal tersebut disampaikan Kepala Terminal Tanjung Priok Muzofar Surya Alam.

Muzofar mengungkapkan bahwa tes GeNose mulai dimanfaatkan di tempatnya sejak 1 April 2021.

Hasilnya selama hampir satu bulan, puluhan orang tercatat mengikuti tes GeNose untuk mendeteksi apakah terpapar Covid-19 atau tidak.

“Terhitung sejak diberlakukan di Terminal Tanjung Priok pada 1 April 2021, sudah ada 70 orang yang ikut tes GeNose hingga akhir pekan kemarin,” kata Muzofar, Senin (26/4/2021).

Berdasarkan data yang ada, di antara 70 orang tersebut terdapat dua orang yang hasil tesnya menunjukkan bahwa yang bersangkutan telah terpapar Covid-19.

Baca Juga: Catat! Ini syarat wisata ke Bogor selama mudik Lebaran 2021 untuk warga Jabodetabek

“Setelah mendapatkan hasil tersebut maka calon penumpang tidak diperbolehkan untuk berangkat dan diarahkan agar kembali dan melakukan isolasi mandiri,” sambung Muzofar.

Muzofar menambahkan bila pihaknya akan terus melakukan imbauan kepada calon penumpang maupun awak bus agar mengikuti tes GeNose sebelum berangkat ke kota tujuan.

“Kita imbau kepada setiap penumpang yang akan berangkat tapi nggak semuanya mau,” tuturnya. (Budi Sam Law Malau)

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul Polda Metro Bakal Buka Layanan Tes Swab Antigen Gratis di Rest Area Km 19 Tol Cikampek

 

Editor: Yudho Winarto
Terbaru