Dilanda Banjir, Pertamina pastikan layanan operasional Semarang tetap jalan

Minggu, 07 Februari 2021 | 23:51 WIB   Reporter: Ridwan Nanda Mulyana
Dilanda Banjir, Pertamina pastikan layanan operasional Semarang tetap jalan

ILUSTRASI. Karyawan menyelamatkan sejumlah barang dari kantor yang terendam banjir di Stasiun Tawang, Semarang

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pertamina memastikan layanan dan fasilitas operasional dalam pendistribusian bahan bakar minyak (BBM), LPG, hingga avtur untuk masyarakat dapat tetap berjalan, meski dalam dua hari terakhir Wilayah Semarang dilanda banjir.

Pejabat sementara (Pjs.) Unit Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah, Marthia Mulia Asri, menyampaikan terdapat 103 SPBU regular, 103 Agen LPG, 1 Fuel Terminal, dan 1 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Achmad Yani yang beroperasi di kota/kabupaten Semarang.

"Di antara jumlah tersebut, hanya 1 SPBU yang dihentikan sementara beroperasi karena kondisi banjir di area SPBU, yaitu SPBU 4450107 Puri Anjasmoro,” ujar Marthia lewat keterangan tertulisnya, Minggu (7/2) malam.

Dirinya menambahkan, masyarakat dapat beralih sementara ke SPBU lainnya yang berada di sekitar, yaitu SPBU 4450109 Kalibanteng, SPBU 4450140 Sudirman, dan SPBU 4450119 Pamularsih.

Baca Juga: PLN pulihkan 64% sistem kelistrikan yang terdampak banjir di Semarang

“Kami akan terus memantau kondisi banjir terkini untuk melakukan mitigasi operasi di lokasi lainnya, maupun kembali mengoperasikan SPBU tersebut setelah kami pastikan kondisi peralatan dan aspek keselamatan SPBU pasca banjir kemarin,” terang Marthia.

Terkait proses pengantaran BBM, dia menjelaskan bahwa mobil tangki Pertamina akan tetap beroperasi meskipun terkendala di sejumlah ruas jalan yang tergenang banjir.

Marthia menambahkan, angka realisasi konsumsi BBM dan LPG di wilayah kota dan kabupaten Semarang, yang mana saat ini rata-rata konsumsi harian BBM jenis gasoline (produk Pertamax, Pertalite, dsb) berada di angka 1.220 kiloliter per hari.

Sementara BBM jenis gasoil (produk Pertamina Dex, Dexlite, dsb) berada di angka 706 kiloliter per hari. Lalu, untuk rata-rata konsumsi harian LPG berada di angka 674 Metric Ton per hari.

Marthia menegaskan Pertamina akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada konsumen.

“Jika terdapat kendala dan kebutuhan informasi seputar layanan dan produk dari Pertamina, konsumen dapat memanfaatkan Pertamina Call Center di nomor 135 dan aplikasi MyPertamina,” tutupnya.

Selanjutnya: Berlaku 9-22 Februari, ini isi Instruksi Menteri Dalam Negeri soal PPKM mikro

 

Editor: Yudho Winarto


Terbaru