Kata Transjakarta yang diminta Sandi hindari macet

Kamis, 19 Oktober 2017 | 15:07 WIB Sumber: Kompas.com
Kata Transjakarta yang diminta Sandi hindari macet


TRANSJAKARTA - JAKARTA. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meminta PT Transportasi Jakarta agar berinovasi mencari rute alternatif untuk menghindari kemacetan.

Menanggapi hal itu, Dirut Transjakarta Budi Kaliwono menyatakan pihaknya memang tengah menyiapkan solusi untuk mengatasi kemacetan akibat pembangunan proyek infrastruktur.

"Kami memohon pelanggan transjakarta agar dapat bersabar. Kami terus memikirkan strategi dan langkah nyata untuk bisa mengurangi gangguan waktu tempuh akibat proyek pembangunan di DKI Jakarta," kata Budi melalui keterangan tertulisnya, Kamis (19/10).

Budi mengakui tingkat kemacetan di sejumlah rute transjakarta yang bersinggungan dengan enam proyek infrastruktur semakin parah. Kondisi ini menyebabkan waktu tempuh menjadi lebih lama.

Ia mencontohkan rute Cawang-Pancoran yang pernah ditempuh hingga dua jam akibat adanya pembangunan LRT di lokasi tersebut. Kemudian rute Setiabudi-Kuningan yang disebutnya pernah ditempuh lebih dari tiga jam akibat adanya pembangunan underpass Mampang.

"Kami berjanji dalam waktu dekat akan merumuskan solusi atas kemacetan akibat proyek pembangunan infrastruktur," ujar dia.

Sandi sebelumnya meminta agar direksi PT Transjakarta mencari alternatif rute-rute yang dilintasi. Sebab, kata dia, masih ada bus-bus transjakarta yang terjebak kemacetan karena adanya beberapa proyek pembangunan infrastruktur.

Sandi menganggap inovasi rute demi menghindari macet harus dilakukan agar warga pengguna kendaraan pribadi mau beralih menggunakan transjakarta.

"Cari rute-rute transjakarta, bisa merekayasa jalurnya supaya tidak terlalu macet karena ini sekarang kan ada pembangunan enam proyek besar ini. Be innovative-lah," kata Sandi di Balai Kota, Kamis pagi. (Alsadad Rudi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru