Diresmikan Anies, Jakarta kini punya mobil vaksin keliling ibukota

Kamis, 08 Juli 2021 | 18:32 WIB   Reporter: Markus Sumartomdjon
Diresmikan Anies, Jakarta kini punya mobil vaksin keliling ibukota


VAKSINASI COVID-19 - JAKARTA. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus mengebut program vaksinasi. Salah satu upaya adalah dengan meluncurkan mobil vaksin keliling yang diresmikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, pada Kamis (8/7).

Mobil vaksin keliling tersebut merupakan bagian dari upaya Pemprov DKI Jakarta untuk menjangkau dan memperluas vaksinasi di Jakarta. Khususnya, untuk mereka yang memiliki kendala mobilitas serta jangkuan vaksinasi masih rendah.

“Kami melepas keberangkatan 16 mobil vaksinasi keliling yang nantinya akan mendatangi tempat-tempat yang padat penduduknya dengan jangkuan vaksinasi yang belum tinggi,” ujar Gubernur Anies, dikutip dari Siaran Pers PPID Provinsi DKI Jakarta, Kamis (8/7).

“Ini adalah jemput bola. Kami datang ke masyarakat memastikan bahwa masyarakat bisa mendapatkan akses vaksinasi dengan cepat dan mudah. Mereka yang punya kendala mobilitas diharapkan nanti bisa mendapatkan vaksinasi dengan cepat,” tambahnya.

Baca Juga: UPDATE corona di Jakarta Kamis (8/7) positif 12.974, sembuh 10.857, meninggal 130

Gubernur Anies menjelaskan kegiatan vaksinasi keliling ini merupakan hasil kolaborasi Pemprov DKI Jakarta bersama Jakarta Experience Board dengan berbagai stakeholder serta dunia usaha. Di antaranya, Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya, juga dari dunia usaha, termasuk Kadin, Apindo, Aprindo, Hipindo dan PT Magenta Mediatama.

“Jadi, dari DKI Jakarta ada 5 kendaraan, dari Kodam 3, Polda 3 kemudian dari Magenta 3 dan dari Dirjen Pendidikan Tinggi ada 2 kendaraan. Sehingga, totalnya ada 16 kendaraan yang nanti akan berkeliling ke seluruh Jakarta,” paparnya.

Adapun satu kru kendaraan akan berisi 5 orang yang terdiri dari berbagai instansi. Mobil vaksin keliling ini bisa mudah bergerak dari satu tempat ke tempat lain untuk memastikan vaksinasi berlangsung. Dan Anies pastikan mobil vaksin keliling tersebut sudah mulai beroperasi dan menyebar ke berbagai wilayah.

Keberadaan mobil vaksin keliling ini membuat Gubernur Anies optimistis terkait pencapaian target yang ditetapkan Presiden RI Joko Widodo untuk Jakarta. Terlebih, hingga 7 Juli 2021, data Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menyebutkan, 5 juta orang sudah divaksin dosis 1 di Jakarta. Adapun target Jokowi adalah di akhir Agustus nanti, sudah ada 7,5 juta warga ibukota yang sudah divaksin. “Insya Allah tercapai,” harap Anies.

Selanjutnya: Skenario darurat kasus Covid-19 DKI Jakarta mulai berjalan

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon

Terbaru