Ditunjuk PDI-P Dampingi Risma di Pilkada Jatim, Gus Hans: Baru Dapat Kabar Semalam

Kamis, 29 Agustus 2024 | 17:02 WIB   Reporter: kompas.com
Ditunjuk PDI-P Dampingi Risma di Pilkada Jatim, Gus Hans: Baru Dapat Kabar Semalam

ILUSTRASI. Zahrul Azhar Asumta alias Gus Hans dipastikan mendampingi Risma pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2024.


PILKADA - JOMBANG. Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans dipastikan mendampingi Tri Rismaharini (Risma) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2024.

Gus Hans merupakan politikus dan aktivis muda dari Nahdlatul Ulama (NU) yang berasal dari keluarga pengasuh Pondok Pesantren Darul Ulum, Rejoso, Peterongan, Kabupaten Jombang.

Terpilihnya Gus Hans sebagai pendamping Risma cukup mengejutkan berbagai kalangan, terutama di Kabupaten Jombang. Gus Hans sendiri tidak menyangka dirinya dipilih oleh PDI-P untuk berpasangan dengan Risma pada Pilkada Jatim 2024.

"Saya sendiri juga bingung, tidak menyangka," kata Gus Hans saat ditemui di Kantor Pengadilan Negeri (PN) Jombang, Kamis (29/8/2024).

Dia mengaku sebenarnya mengajukan sejumlah nama kepada PDI-P untuk mendampingi Risma. 

Baca Juga: PDI Perjuangan Resmi Usung Risma - Gus Hans di Pilkada Jatim 2024

"Saya sebenarnya mengajukan beberapa nama untuk mewakili Bu Risma, tapi ternyata justru saya yang dipilih," ungkapnya.

Gus Hans menerima kabar terpilihnya dirinya sebagai pendamping Risma pada Rabu (28/8/2024) malam.

“Tadi malam sekitar jam delapan. Awalnya Bu Risma, kemudian Mas Hasto. Di telepon, Mas Hasto menyampaikan Bu Risma dan juga pesan dari Bu Mega,” tutur Gus Hans.

Sejak Kamis (29/8/2024) pagi, Gus Hans sibuk dengan beberapa kegiatan. Dia melakukan ziarah ke makam keluarga dan pendiri Pondok Pesantren Darul Ulum.

Kemudian menemui beberapa kiai dan pengasuh pesantren. Selain itu, dirinya juga ke Kantor Pengadilan Negeri (PN) Jombang dan Polres Jombang untuk mengurus dokumen yang diperlukan sebagai persyaratan pendaftaran calon peserta Pilkada.

“Ke sini (PN Jombang) untuk melengkapi berkas-berkas yang perlu saya persiapkan sebagai persyaratan,” kata Gus Hans saat ditemui di PN Jombang.

“Alhamdulillah, setelah melalui proses prosedural yang harus dilakukan, berkas yang diperlukan sudah selesai,” lanjut dia.

Sebelumnya diberitakan, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) telah memilih Zahrul Azhar Asumta atau yang lebih dikenal dengan Gus Hans sebagai bakal calon wakil gubernur pendamping Tri Rismaharini (Risma) dalam Pilkada Jatim 2024. Informasi ini dikonfirmasi oleh Fuad Bernardi, putra sulung Risma.

"Betul dengan Gus Hans. Hari ini formulir B1 KWK akan dibawa dari DPP ke Surabaya," katanya saat dikonfirmasi, Kamis (29/8/2024).

Sekretaris DPD PDI-Perjuangan Jatim, Sri Untari Bisowarno, juga membenarkan informasi tersebut. Menurutnya, pasangan ini akan mendaftar pada Kamis malam nanti.

"Nanti malam pukul 18.00 WIB akan mendaftar ke KPU Jatim," terangnya.

Baca Juga: PDI-P Buka Peluang Ajukan Anies Baswedan di Pilkada Jabar?

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dikabari Dampingi Risma Semalam, Gus Hans: Saya Bingung, Tak menyangka", Klik untuk baca: https://surabaya.kompas.com/read/2024/08/29/165143978/dikabari-dampingi-risma-semalam-gus-hans-saya-bingung-tak-menyangka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru