PDI Perjuangan Resmi Usung Risma - Gus Hans di Pilkada Jatim 2024

Kamis, 29 Agustus 2024 | 14:51 WIB   Reporter: kompas.com
PDI Perjuangan Resmi Usung Risma - Gus Hans di Pilkada Jatim 2024

ILUSTRASI. PDI Perjuangan resmi usung Tri Rismaharini dan Gus Hans di Pilkada Jatim 2024.


PILKADA - JAKARTA. Ketua DPD PDI-P Jawa Timur, Said Abdullah mengungkapkan bahwa partainya resmi mengusung Tri Rismaharini dan KH Zahrul Azhar Asad, atau yang dikenal Gus Hans sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur.

"Saya kira pasangan Tri Rismaharini dan Gus Hans mewakili corak kultural di Jawa Timur. Risma representasi nasionalis, sedangkan Gus Hans mewakili santri," ujar Said dalam keterangannya, Kamis (29/8/2024).

"Bu Risma mewakili kaum perempuan, dan Gus Hans mewakili anak muda. Bu Risma representasi dari figur berpengalaman panjang dalam karir jabatan publik, dan Gus Hans mewakili intelektualitas. Jadi mereka berdua pasangan yang saling melengkapi," tambah dia.

Said menyatakan, partainya juga langsung mendaftarkan Risma-Gus Hans hari ini ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur.

Baca Juga: Kawal Hari Terakhir Pendaftaran Paslon di KPU Jakarta, Polisi Kerahkan 1.035 Personel

Dia meyakini, pasangan Risma-Gus Hans akan membawa pemerintahan di Jawa Timur lebih bisa dipercaya rakyat.

"Miris, sebagai wilayah basis santri, tetapi pemerintahannya belakangan ini diobok-obok Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kalau pemerintahannya tidak amanah, dan tidak jujur, sulit Jawa Timur bisa lebih maju. Risma-Gus Hans akan resik resik (bersih bersih) kotoran di pemerintahan," ungkap Said.

Dengan masih adanya kotoran dalam pemerintahan, Ketua DPP PDI-P ini menilai bahwa Jawa Timur belum maju meskipun memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Ia pun menuturkan bahwa kemiskinan di Jawa Timur lebih tinggi dari nasional.

"Kemiskinan di Jawa Timur mencapai 9,79 persen, sedangkan kemiskinan tingkat nasional 9,03 persen. Saya yakin pengalaman Risma membenahi Surabaya dan tugas jadi Menteri Sosial akan bisa menurunkan angka kemiskinan di Jawa Timur lebih cepat," kata Said.

Terakhir, Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR itu berharap, Pilkada Jatim bisa berlangsung jujur, adil, demokratis. Untuk itu, dirinya berharap Pilkada Jatim menjadi tempat adu prestasi dan gagasan

“Cukup saat pileg dan pilpres kemarin saja sebagai pengalaman pahit. Jangan lagi kita memilih pemimpin karena sembako dan uang. Kalau itu dasarnya, pemerintahannya pasti korup," katanya.

"Pilihlah pemimpin yang rekam jejaknya baik, berprestasi, punya visi dan program yang kongkrit, serta punya kejujuran. Karena itu kami hari ini menghadirkan Risma-Gus Hans mendaftar ke KPU Provinsi Jatim," pungkasnya.

Baca Juga: Gandeng Gus Hans, Risma Daftar Pilkada Jatim Nanti Malam (29/8)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PDI-P Resmi Usung Risma-Gus Hans di Pilkada Jatim", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/08/29/13324101/pdi-p-resmi-usung-risma-gus-hans-di-pilkada-jatim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru