DKI akan bangun rusunawa nelayan di dekat laut

Jumat, 13 Mei 2016 | 13:31 WIB Sumber: Kompas.com
DKI akan bangun rusunawa nelayan di dekat laut


JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun rumah susun sederhana sewa (rusunawa) khusus nelayan di pantai utara Jakarta. Pembangunan rusunawa itu sejalan dengan proyek kebijakan strategis nasional, National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) atau tanggul raksasa.

Deputi Gubernur DKI Bidang Tata Ruang dan Lingkuang Hidup, Ozwar Muadzin Mungkasa mengungkapkan, saat ini pemerintah akan membangun Tanggul A yang merupakan bagian dari tanggul raksasa tersebut. Jarak tanggul ke daratan nantinya hanya sekitar lima sampai 20 meter. Di atas tanggul juga akan dibangun jalan inspeksi.

"Kita akan bangun rusun di sepanjang pantai tadi, khusus untuk nelayan," kata Ozwar di Balai Agung, Balai Kota, Jakarta, Jumat (13/5).

Karena itu, Ozwar membantah Pemprov DKI menggusur nelayan dan menjauhkannya dari laut. Malahan pemerintah memperhatikan nelayan dengan membuatkan rusunawa.

Proyek NCICD merupakan kebijakan strategis nasional yang diterapkan di Jakarta. Proyek tersebut untuk mencegah terjadinya penurunan muka tanah yang signifikan dan rob ke daratan. Dengan adanya proyek NCID, Pemprov DKI Jakarta juga melakukan peninjauan ulang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) 2030 serta Rencana Detai Tata Ruang (RDTR) dan Peraturan Zonasi. Peninjauan itu agar proyek strategis nasional memiliki landasan hukum.

Kahfi Dirga Cahya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru