DKI bentuk tim pengendali harga jelang Natal

Rabu, 30 November 2016 | 20:37 WIB   Reporter: Agus Triyono
DKI bentuk tim pengendali harga jelang Natal


JAKARTA. Pemerintah DKI Jakarta membentuk tim untuk mengendalikan harga barang kebutuhan pokok menjelang perayaan Natal dan tahun baru 2017.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono mengatakan, tim tersebut diberi tugas untuk bekerjasama dengan daerah pemasok bahan pokok supaya ketersediaan bahan pangan tercukupi.

Tim juga bertugas melakukan survei harga di semua daerah produsen. Tujuannya, untuk memberikan perbandingan harga yang akan disesuaikan dengan biaya pengiriman, sehingga harga beli di masyarakat bisa tetap terjaga.

"Barang kebutuhan yang dibeli nanti diupayakan langsung dari produsen ke Jakarta tidak melalui tengkulak supaya harga tidak tinggi," katanya seperti dikutip dari beritajakarta.com, Rabu (30/11).

Selain membentuk tim, Sumarsono mengatakan, untuk menjaga agar pasokan barang kebutuhan pokok terpenuhi, pihaknya juga akan mengoptimalkan fungsi tiga BUMD; PD Dharma Jaya, PD Pasar Jaya, dan PT Food Station Tjipinang Jaya. "Diharapkan dengan adanya tim ini tidak akan terjadi gejolak harga pada perayaan akhir tahun ini," katanya.

Pemerintah DKI Jakarta kata Sumarsono, juga akan menggelar pasar murah, sebagai langkah untuk menjaga harga pangan agar tidak dipermainkan oleh pedagang.

"Pasar murah beda dengan operasi pasar. Operasi pasar dilakukan kalau harga sudah di atas 10 persen kenaikannya. Ini walaupun belum naik tetap kami lakukan pasar murah. Karena kalau harga sudah naik sulit dikendalikan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru