DKI berencana ganti JPO di Bundaran HI dengan penyebrangan underpass

Senin, 23 Juli 2018 | 15:08 WIB   Reporter: Kiki Safitri
DKI berencana ganti JPO di Bundaran HI dengan penyebrangan underpass

ILUSTRASI. Patung Selamat Datang di Bundaran HI


DKI JAKARTA - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana merobohkan jembatan penyebrangan orang (JPO) dekat Bundaran HI yang dianggap menghalangi pemandangan pada patung Monumen Selamat Datang.  

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menambahkan, kawasan penyebrangan direncanakan tetap ada, tapi tidak lagi berupa jembatan.   

“Ada usulan dan ini mudah-mudahan bisa dilakukan agar ini dipindah ke bawah, jadi melalui basement atau digantikan dengan underpass untuk memastikan para pejalan kaki memiliki kesempatan menyeberang jalan, tapi tidak melalui JPO,” kata Sandiaga di Hotel Borobudur Jakarta, Senin (23/7)

Adapun alasan perobohan JPO ini karena ingin agar peserta Asian Games bisa melihat patung selamat datang di Bundaran HI sebagai wujud penyambutan tamu yang datang Jakarta.

“Ya kemarin rencananya karena kita tidak ingin menghalangi pandangan kepada patung selamat datang yang merupakan simbol kepada seluruh atlet di Asian Games 1962,” katanya.

Sebelumnya, keberadaan JPO di atas pembangunan terowongan Mass Rapid Transit (MRT) dinilai mengganggu pemandangan dan menghalangi pandangan mata melihat patung selamat datang. Saat ini, proses penurunan JPO sedang dalam pembahasan.

“Ini lagi dibahas kemarin hasilnya bisa dilakukan sebelum Asian games. Tapi kita lagi bahas, kita inginkan wajah Jakarta yang cantik, rapih dan mulus itu. Karena kalau dilihat JPO-nya kan itu hanya sementara juga selama pembangunan MRT,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru