Dorong Wisata, Ekonomi Kreatif hingga UMKM, Bank BJB Dukung West Java Festival 2023

Senin, 04 September 2023 | 14:58 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Dorong Wisata, Ekonomi Kreatif hingga UMKM, Bank BJB Dukung West Java Festival 2023

ILUSTRASI. Bank BJB dukung?West Java Festival


BANK - JAKARTA. Bank BJB mendukung penuh gelaran West Java Festival 2023 yang diselenggarakan pada Sabtu-Minggu, tanggal 2-3 September 2023 di Jalan Diponegoro, kawasan Gedung Sate, dan Stadion Siliwangi, Kota Bandung.

Festival yang digelar setiap tahun tersebut menghadirkan berbagai acara hiburan, budaya, ekraf dan pariwisata serta keberagaman, kemajuan Jawa Barat kepada masyarakat dunia serta bertujuan melestarikan budaya Jawa Barat dan dapat terus menarik perhatian wisatawan lokal dan mancanegara.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB Widi Hartoto menyampaikan, dukungan yang diberikan Bank BJB dalam acara tersebut, menjadi bukti terjalinnya sinergi dan kolaborasi dengan pemerintah provinsi Jawa Barat.

Apalagi, Jawa Barat tidak hanya menyuplai bonus demografi tapi juga mengemban sebagai provinsi yang memberi percontohan bagaimana semangat muda menjadi roda penggerak sosial, infrastruktur dan ekonomi kreatif.

Baca Juga: BJB dan Anak Usaha WSKT Sepakati Restrukturisasi Utang Senilai Rp 85 Miliar

Karena itu, Bank BJB akan senantiasa memberikan dukungan penuh pada setiap kegiatan positif yang mampu mengakselerasi ekonomi jawa barat.

"Bank BJB mendukung penuh acara tersebut, untuk melestarikan kebudayaan serta meningkatkan rasa cinta dan bangga masyarakat terhadap keunggulan lokal dan mendorong kemajuan pariwisata, termasuk mengangkat usaha kecil dan ukm agar semakin berkembang," ucap Widi dalam siaran persnya, Senin (4/9).

Widi menyampaikan, Bank BJB senantiasa mendukung penuh berbagai langkah pemerintah dalam mendorong potensi yang dimiliki setiap daerah. Apalagi, kekayaan budaya yang lahir di Jabar seolah tak pernah habis. Sangat banyak warisan budaya tradisional yang terus berkembang dan lestari hingga saat ini.

Jabar juga dikenal sebagai daerah yang memiliki keanekaragaman budaya yang kaya, baik yang bersifat tradisional maupun kontemporer yang saling melengkapi satu sama lain

"Jabar adalah salah satu daerah paling kreatif di Indonesia. Karena itu, Bank BJB bangga bisa menjadi bagian dari komunitas kreatif Jawa Barat," ucap Widi.

Widi menegaskan, dukungan yang diberikan Bank BJB dalam helatan West Java Festival 2023 menjadi langkah konkret keterlibatan berbagai elemen dalam memajukan dan melestarikan kearifan lokal. Bank BJB juga memberikan dukungan melalui pemanfaatan digital banking menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) mendapatkan diskon untuk pembelian transaksi di tenant Food & Beverage dan bagi yang telah melakukan transaksi berkesempatan untuk mengikuti lucky draw.

Sebagai tambahan informasi, West Java Festival 2023 menghadirkan serangkaian acara menarik, mulai dari gelaran Pasar Rakyat dan Bazar Jawa Barat, karnaval 'Kebudayaan untuk Merawat Bumi', pameran Harkonas, sesi Zumba yang diikuti oleh 2.000 orang bersama Ibu Atalia Praratya dibarengi sesi penyerahan door prize kepada peserta, Career Talk, kompetisi K-Pop Dance, Cosplay Competition, layanan publik mobile, hingga Food Truck yang meramaikan suasana. Selain itu, para pengunjung juga dapat menikmati berbagai hidangan lezat dari puluhan kuliner jajanan yang menggugah selera.

Baca Juga: Bank BJB (BJBR) Cetak Laba Rp 908 Miliar pada Semester I-2023

Juga, terdapat sesi Pameran KONCER (Konsumen Cerdas), sebuah event inovatif yang mengusung tema utama edukasi dan perlindungan konsumen, dengan tujuan mempromosikan pemahaman yang lebih baik tentang  hak-hak konsumen dan memberikan wadah bagi masyarakat untuk memahami implementasi Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen di Indonesia.

Selanjutnya, dilakukan pelepasan mobil ekspor berisi komoditi ekspor berupa keripik singkong, bawang goreng, ubi jalar, alat dapur kayu, kopi, olahan daging, lilin, snack, dan furnitur rotan dari 10 pelaku usaha binaan Indag Jabar dengan nilai ekspor US$ 6,4 Miliar dengan tujuan negara ekspor Korea Selatan, Australia, Belanda, Malaysia, Thailand, Singapura, Qatar, New Zealand, Turki, Nigeria, Arab Saudi, dan Jepang.

Kemudian, dilakukan penyerahan simbolis Sertifikat Halal, HaKI (Hak atas Kekayaan Intelektual), SNI (Standar Nasional Indonesia), Kemasan, dan Beasiswa Jabar Future Leader oleh Gubernur Jawa Barat.

Acara lain yaitu Penyematan Selendang Duta Konsumen Cerdas RI kepada Atalia Praratya dan Kepala Dinas Industri dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat.

Adapun puncak dari perhelatan West Java Festival 2023 dengan tema yang diangkat dalam konser ini adalah Gabungan Artis dan Seniman Sunda (GASS), Minggu, tanggal 3 September, mulai pukul 15.00 sampai 22.00 WIB, di Stadion Siliwangi, Kota Bandung.

Konser ini dimeriahkan oleh sederet artis dan musisi terkemuka Tanah Air, seperti Juicy Luicy, The Changcuters, GIGI, PAS BAND, 3 Pemuda Berbahaya x Salsa Bintan, Feel Koplo x Wika Salim, dan legenda musik Doel Sumbang. Tentunya acara puncak ini menjadi sebuah penutup yang spektakuler.

Baca Juga: BJB Masih Mengalami Kenaikan Undisbursed Loan

Kegiatan ini sekaligus merayakan pencapaian Gubernur Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum dalam memimpin Jawa Barat selama lima tahun terakhir dengan berbagai perubahan positif, persembahan inovasi, segudang prestasi, pembangunan infrastruktur, desa dan ekonomi yang menghadirkan kebermanfaatan dan keberpihakan untuk warga, memupus kesenjangan, menciptakan kesetaraan serta mewujudkan kesejahteraan warga.

Dengan menghadirkan sederet artis dan musisi terkemuka serta beragam hiburan menarik, West Java Festival 2023 menjadi perayaan yang tak terlupakan bagi warga Jawa Barat. 

Pada kesempatan inipun Bank BJB mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jawa Barat atas kontribusinya dalam mendukung UMKM di Jawa Barat yang diterima oleh Direktur Komersial dan UMKM Bank BJB Nancy Adistyasari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto
Tag

Terbaru