DPRD DKI ajukan kunjungan ke Bali hingga 12 kali

Rabu, 07 Oktober 2015 | 21:41 WIB Sumber: Kompas.com
DPRD DKI ajukan kunjungan ke Bali hingga 12 kali


JAKARTA. Dalam dokumen rencana kerja dan anggaran (RKA) 2016, anggota DPRD DKI Jakarta diketahui mengajukan perjalanan dinas ke Bali hingga 12 kali. Berdasarkan jumlah tersebut, dua kunjungan akan dilakukan oleh Badan Anggaran, dua oleh Badan Musyawarah, dua oleh Badan Kehormatan, tiga oleh panitia khusus, dan tiga lainnya oleh tiga komisi yang ada di lembaga tersebut.

Jumlah rata-rata yang diajukan dalam setiap kunjungannya mencapai sekitar Rp 2,15 miliar. Jumlah terkecil berasal dari Badan Kehormatan yang menganggarkan Rp 511 juta, sedangkan jumlah terbesar berasal dari tiga komisi yang mencapai Rp 6,8 miliar.

Selain ke Bali, ada pula kunjungan ke Lampung dan NTB sebanyak 1 kali yang akan dilakukan oleh Badan Legislasi Daerah, dan ke Banten dan Jawa Barat masing-masing dua kali oleh badan yang sama.

Kunjungan-kunjungan ke daerah tersebut masuk dalam rencana yang sama dengan kunjungan yang akan mereka lakukan ke enam negara, masing-masing ke Amerika Serikat, Hungaria, Belanda, Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan.

Kepala Bagian Keuangan Kesekretariatan Dewan Dame Aritonang menyebut belum ada keputusan final mengenai rencana kunjungan tersebut. Sebab, penentuannnya baru dapat dipastikan setelah disahkannya APBD 2016 yang sampai saat ini masih dalam tahap pembahasan.

"RKA itu tuh dipakai saat rapat pembahasan dengan alat kelengkapan Dewan. Itu baru rancangan. Belum keluar RKA finalnya, itu masih rancangannya saja. Masih berubah-ubah," ujar Dame, di Gedung DPRD DKI, Rabu (7/10). (Alsadad Rudi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan

Terbaru