Dukung Petani Milenial Kembangkan Sistem Agribisnis dari Hulu ke Hilir

Rabu, 18 Januari 2023 | 09:36 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Dukung Petani Milenial Kembangkan Sistem Agribisnis dari Hulu ke Hilir

Direktur Setya Budhi Udrayana, Dirut Paskomnas, Hartono W dan Project Manager Program YESS PPIU Jatim, Acep Hariri bersama petani milenial Jatim usai penandatanganan kerjasama pengembangan agribisnis.


AGRIBISNIS -  MALANG. Kerjasama Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Polbangtan Malang dengan Pasar Komoditi Nasional (Paskomnas) lewat jaringan Pasar Induk bertujuan menggenjot potensi dan kemampuan petani milenial mengembangkan agribisnis di Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Kerjasama Polbangtan Malang dengan Paskomnas bertujuan memberikan pendampingan kepada petani milenial di Jatim, agar mau dan mampu melaksanakan usaha tani secara profesional dan korporatif.

Komitmen tersebut termaktub dalam Nota Kerjasama yang ditandatangani oleh Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana dan Direktur Utama Paskomnas, Hartono Wignjopranoto disaksikan oleh Wakil Direktur I Novita Dewi Kristanto dan Project Manager Program YESS PPIU Jatim, Acep Hariri di Malang pada Senin (16/1).

Baca Juga: Sambut 2023, Mentan Syahrul Minta Jajarannya Perkuat Konsolidasi dan Harmonisasi

Kemitraan tersebut merupakan upaya Polbangtan Malang selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Jawa Timur pada Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) terus mendorong regenerasi petani melalui fasilitasi dan bimbingan bagi generasi muda menjadi wirausahawan atau tenaga kerja profesional di sektor pertanian.

Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana mengatakan bahwa perlu adanya pendampingan kepada petani milenial untuk dapat mengembangkan sistem agribisnis melalui fasilitasi, informasi tentang peluang pasok dan jaminan keamanan pasar.

Direktur Utama Paskomnas Hartono Wignjopranoto mengatakan pihaknya akan mendukung petani milenial mengembangkan sistem agribisnis dari hulu ke hilir, dengan membentuk kluster di tiap wilayah.

Baca Juga: Tahun Depan, BPS Gelar Sensus Pertanian, 7 Subsektor Jadi Target Sensus

"Pengembangan kluster agar dapat menghasilkan komoditas yang diminati pasar sekaligus mengetahui peluang dan kendala pemasaran," katanya dalam siaran pers, Selasa (17/1).

Project Manager Program YESS PPIU Jatim, Acep Hariri menambahkan kemitraan Polbangtan Malang dan Paskomnas akan menjadi wadah yang memfasilitasi petani milenial, untuk mengembangkan kapasitas dan kompetensinya menembus pasar lokal, nasional hingga internasional.

Kegiatan penandatanganan kerjasama diakhiri dengan sesi diskusi Paskomnas dengan para petani milenial Jatim untuk sharing session, yang dihadiri Direktur Pengembangan Agribisnis Paskomnas, Soekam Parwadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru