Dukungan PKS untuk Sandiaga Uno belum pasti

Senin, 01 Agustus 2016 | 12:10 WIB Sumber: Kompas.com
Dukungan PKS untuk Sandiaga Uno belum pasti


JAKARTA. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengisyaratkan dukungan terhadap Sandiaga Uno untuk dimajukan ke Pemilu Gubernur DKI Jakarta 2017.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid mengatakan, pembicaraan di internal PKS masih berlangsung apakah mau mendukung Sandiaga sebagai calon gubernur atau calon wakil gubernur.

"Secara definitif belum (menentukan), tapi bahwa kami mendukung Pak Sandiaga, iya," kata Hidayat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/8).

Hidayat menambahkan, PKS masih ingin memastikan apakah calon yang nantinya didukung adalah yang bisa merealisasikan keinginan PKS untuk menghasilkan Jakarta yang lebik baik.

Hal ini karena Jakarta dianggap sebagai barometer Indonesia sehingga pemimpin yang nantinya dipilih harus benar-benar bisa memajukan ibukota.

"Kami belum bisa definitif mendukung karena kursi kami hanya 11. Dari pihak Gerindra sendiri membuka peluang Pak Sandiaga Uno bisa menjadi cagub atau cawagub," tutur Wakil Ketua MPR itu.

"Begitu sepakat kami akan umumkan," sambung dia.

Bakal calon Gubernur DKI Jakarta dari Partai Gerindra Sandiaga Uno menyebut Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah menyatakan sepakat untuk berkoalisi dengan Gerindra pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

Menurut pria yang akrab disapa Sandi ini, kesediaan berkoalisi tersebut diutarakan langsung Presiden PKS Sohibul Iman.

"Alhamdulillah hari ini mendapat kabar gembira, hari ini PKS memutuskan mendukung Sandiaga Uno untuk DKI yang lebih siap," ujar Sandi di Kampung Pulo, Jakarta Timur pada Minggu (31/7).

Partai Gerindra resmi menunjuk Sandiaga Uno setelah ada keputusan langsung dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Keputusan tersebut diambil dalam Rakornas Partai Gerindra di Hambalang, Bogor.

Sandiaga menyingkirkan dua kandidat lain yang diseleksi Partai Gerindra, yaitu Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra, dan mantan Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin. (Nabilla Tashandra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru