CLOSE [X]

Festival Kopi Lembah Colol, Upaya Mengangkat Potensi Kopi Terbaik NTT

Kamis, 15 Juni 2023 | 16:44 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Festival Kopi Lembah Colol, Upaya Mengangkat Potensi Kopi Terbaik NTT

Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur kembali menggelar Festival Kopi Lembah Colol, 14 - 15 Juni 2023 di Lembah Colol, Kecamatan Lambaleda Selatan, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi NTT.


INDUSTRI PARIWISATA -  JAKARTA. Festival Kopi Lembah Colol kembali diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur pada tanggal 14-15 Juni 2023 di Lembah Colol, Kecamatan Lambaleda Selatan, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi NTT. 

Lembah Colol adalah wilayah penghasil kopi terbesar di Provinsi NTT yang telah memenangkan kontes kebun pada tahun 1937 dan dinobatkan sebagai kopi terbaik di Indonesia pada tahun 2015. 

Festival ini didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemeparekraf) dan Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) dengan tujuan untuk mengangkat potensi alam dan budaya Lembah Colol, terutama kopi, sebagai daya tarik wisata Manggarai Timur.

Baca Juga: KTT ASEAN di Labuan Bajo Akan Disemarakkan Pesta Rakyat

Direktur Utama BPOLBF, Shana Fatina, menyatakan harapannya bahwa Lembah Colol dapat memperkuat identitasnya sebagai penghasil kopi terbaik di dunia dan dapat terus mengisi pasar kopi global. 

Kolaborasi dengan berbagai pihak, terutama dalam hal promosi pariwisata, juga penting untuk meningkatkan jumlah wisatawan, terutama dengan dibukanya penerbangan internasional di Labuan Bajo.

Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, menyatakan bahwa kopi Colol bukanlah kopi terbaik dunia tanpa alasan. Selain meraih predikat sebagai kopi dengan citarasa terbaik di Indonesia pada tahun 2015, Kopi Colol juga mendapatkan predikat tiga besar dunia untuk kualitas rasa terbaik. 

Agas juga menekankan pentingnya festival ini sebagai sarana pertemuan bagi pecinta kopi, petani, pedagang, LSM, dan pemerintah untuk berbagi informasi tentang kopi dan isu strategis lainnya. 

Dia juga mengajak para petani kopi di Lembah Colol untuk belajar mengenai perubahan iklim dan mengurangi penggunaan bahan kimia yang merusak lingkungan.

Baca Juga: Ada Festival Kopi Flores akhir pekan ini

Festival ini diawali dengan ritual Ronda dan tarian tradisional Manggarai sebagai penyambutan tamu. 

Acara ini juga menampilkan pentas seni budaya, parade penumbuk kopi, seni lukis menggunakan bahan dasar kopi, kunjungan ke kebun kopi dan air terjun, penanaman simbolis pohon kopi, Toto Kopi, dan berbagai acara lainnya. Selain itu, festival juga mempromosikan produk-produk UMKM Manggarai Timur, seperti kerajinan tangan dan kuliner.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru