CLOSE [X]

Ganjil Genap Bandung Berlaku Sabtu Minggu 18-20 Februari 2022 Di Gerbang Tol Ini

Sabtu, 19 Februari 2022 | 09:04 WIB Sumber: Kompas.com
Ganjil Genap Bandung Berlaku Sabtu Minggu 18-20 Februari 2022 Di Gerbang Tol Ini

ILUSTRASI. Ganjil Genap Bandung Berlaku Sabtu Minggu 18-20 Februari 2022 Di Gerbang Tol Ini


KONTAN.CO.ID - Bandung. Pengumuman untuk masyarakat yang ingin bepergian ke Kota Bandung, Jawa Barat. Hari Sabtu dan Minggu 18-19 Februari 2022 berlaku ganjil genap di Bandung.

Kepolisian dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kembali menerapkan ganjil genap di lima gerbang tol di Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (19/2/2022) hingga Minggu (20/2/2022). Lokasi ganjil genap di Bandung berada di Gerbang Tol (GT) Pasteur, GT Kopo, GT Buahbatu, GT Moh Toha, dan GT Pasirkoja.

"Formatnya sama dari (Tol) Pasteur sampai (Tol) Buahbatu, dari pagi juga. Kalau akhir pekan ini kalau ke Bandung ramai kan ini. Pekan ini juga dari Jumat siang (pelaksanaan ganjil genap)," ucap Kapolrestabes Bandung Komisaris Besar Polisi Aswin Sipayung, di Bandung.

Kegiatan ganjil genap di Bandung ini akan berlangsung serupa seperti akhir pekan sebelumnya, yakni Satlantas Polrestabes Bandung dan Dinas Perhubungan Kota Bandung melakukan pemilahan kendaraan dari luar daerah yang hendak masuk ke Kota Bandung sesuai dengan tanggal pemberlakuan ganjil genap.

Ganjil genap adalah kebijakan pengendalian arus lalu lintas untuk mengurangi kepadatan kendaran di jalan raya. Kebijakan ganjil genap berlaku sesuai kalender dan plat nomor kendaraan.

Pelat nomor kendaraan yang berakhir pada angka ganjil hanya boleh melintas saat kalender ganjil. Pelat nomor kendaraan genap hanya boleh melintas pada kalender genap.

Selain menerapkan ganjil genap di lima tol Kota Bandung, pihak kepolisian dan pemda juga menutup tiga jalan di Kota Bandung. Ketiga jalan ini yakni Jalan Lengkong Kecil, Jalan Dipatiukur, dan Jalan Asia Afrika.

Baca Juga: Sudah Berlaku! Nakes Pakai Mobil Pribadi Tidak Kena Ganjil-Genap

Adapun penutupan Jalan Lengkong Kecil dimulai dari Lengkong Besar sampai Kaca-kaca. Kemudian di Jalan Dipatiukur penutupan mulai dari Rabbani sampai Teuku Umar. Sedangkan untuk di Jalan Asia Afrika dimulai dari Jalan Tamblong Asia Afrika sampai dengan Alun-alun Bandung.

Penutupan jalan akan dilakukan pada jam-jam tertentu. Untuk diketahui, ganjil genap dan penutupan jalan dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19 selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di Bandung.

Itulah informasi ganjil genap di Bandung. Jadi, cek lagi kendaraan Anda sebelum masuk Kota Bandung. (Penulis Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana | Editor Abba Gabrillin)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Lokasi Ganjil Genap dan Penutupan Jalan di Bandung pada Sabtu dan Minggu",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru