kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Gempa Bantul, warga merasakan getaran saat malam takbiran


Minggu, 11 Agustus 2019 / 05:39 WIB
Gempa Bantul, warga merasakan getaran saat malam takbiran
ILUSTRASI. Ilustrasi gempa bumi di alat seismograf

Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - YOGYAKARTA. Gempa dengan magnitudo 5,1 yang mengguncang Bantul, Yogyakarta, Sabtu (10/8) malam sempat membuat kaget masyarakat Gunungkidul. Salah seorang warga Kecamatan Playen, Gunungkidul, Candra mengaku merasakan gempa beberapa detik saat dirinya tengah merayakan malam takbiran menyambut Idul Adha.

"Tadi sempat kaget, apalagi di sekitar rumah sedang ada takbiran," kata Candra, Sabtu malam.

Baca Juga: Gempa berkekuatan 6 magnitudo di Taiwan memicu pemadaman listrik

Seorang warga Kecamatan Wonosari, Kismaya, juga merasakan gempa tersebut saat sedang beraktivitas di rumahnya. "Ruangan ini rasanya preketek-preketek," ucapnya.

Warga Kecamatan Kasihan, Bantul, Wisang Seto mengatakan, dirinya juga merasakan gempa saat menonton TV. "Rasane hanya beberapa detik, tapi ya takut," katanya.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Surisdiyanto mengatakan gempa juga dia rasakan. Dari informasi yang dia dapatkan, kondisi di wilayah pantai terpantau aman.

Baca Juga: Presiden Jokowi manggung bareng Didi Kempot nyanyikan lagu sewu kutho

Informasi yang dikutip dari akun Twitter BMKG, gempa berpusat di laut 105 km barat daya Bantul, dengan kedalaman 10 km. Gempa dirasakan (MMI) II-III Bantul, II-III Jogjakarta, II-III Giri Mulyo, II-III Maguwoharjo, II-III Sleman, II Cilacap, II Ponorogo, II Pacitan, dan II Purworejo. (Markus Yuwono)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gempa Bantul, Warga Rasakan Getaran Saat Rayakan Malam Takbiran.




TERBARU

Close [X]
×