Gempa bermagnitudo 5,7 guncang Bengkulu, warga berhamburan

Sabtu, 22 Agustus 2020 | 11:30 WIB Sumber: Kompas.com
Gempa bermagnitudo 5,7 guncang Bengkulu, warga berhamburan

ILUSTRASI. Ilustrasi gempa bumi - alat seismograf ---- Petugas mengamati grafik seismograf pemantauan aktivitas Gunung Agung di Pos Pemantauan Desa Rendang, Karangasem, Bali, Selasa (21/11). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menyatakan Gunung Agung mele


GEMPA - BENGKULU. Gempa dengan magnitudo 5,7 mengguncang Bengkulu, Sabtu (22/8/2020) sekitar pukul 07.39 WIB. Gempa tersebut sempat membuat warga Kota Bengkulu panik dan berhamburan keluar rumah.

"Iya gempa barusan cukup terasa, dinding rumah sempat bergetar," kata Luzi, warga Kelurahan Kandang Limun, Kota Bengkulu dikutip dari Antara. Dia mengaku, khawati lantaran beberapa hari sebelumnya Kota Bengkulu juga diguncang gempa dengan kekuatan besar.

Luzi menjelaskan, sejak gempa kembar bermagnitudo 6,9 dan 6,8 yang mengguncang Bengkulu pada Rabu (19/8/2020), ia selalu waspada dengan tidak mengunci pintu dengan kunci ganda.

Baca Juga: Cuaca hari ini di Jabodetabek sebagian berpotensi hujan, tetap bawa payung

"Pengalaman gempa lalu kan itu terjadi pagi hari jadi antisipasinya sekarang harus cepat-cepat buka pintu," paparnya.

Sementara itu, Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Kepahiang Litman mengatakan, titik gempa terjadi di 137 kilometer barat daya Bengkulu dengan kedalaman 2 kilometer.

Tetapnya, gempa terjadi di koordinat 3.95 lintang selatan dan 101.04 bujur timur, 137 kilometer barat daya Bengkulu, 141 kilometer barat daya Bengkulu Utara, 156 kilometer barat daya Bengkulu Tengah, 156 kilometer barat daya Lebong dan 687 kilometer barat laut Jakarta.

Baca Juga: Gempa magnitudo 6,9 guncang NTT dan NTB, tidak berpotensi tsunami

"Gempa tidak berpotensi tsunami tetapi kami imbau warga tetap waspada dengan adanya kemungkinan gempa susulan," ucap Litman. Hingga berita ini diturunkan belum adanya laporan kerusakan dan korban jiwa yang ditimbulkan akibat gempa bermagnitudo 5,7 tersebut.

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gempa Magnitudo 5,7 Guncang Bengkulu, Warga Panik Berhamburan Keluar Rumah",

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru