Gempa Bumi Terkini, Terjadi Di Sumba Timur Magnitudo 5,2

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 08:51 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Gempa Bumi Terkini, Terjadi Di Sumba Timur Magnitudo 5,2

ILUSTRASI. Gempa Bumi Terkini, Terjadi Di Sumba Timur Magnitudo 5,2


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) deteksi gempa bumi terkini pada Sabtu 13 Agustus 2022. Gempa bumi terkini terjadi di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (13/8/2022) pukul 8.18 Wita.

Mengutip website BMKG, gempa bumi terkini yang terjadi di Sumba Timur itu berkekuatan magnitudo 5,2. Sejauh ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa bumi terkini di Sumba Timur tersebut.

BMKG mencatat pusat gempa bumi hari ini berada di koordinat 11,49 derajat lintang selatan dan 119,70 derajat bujur timur. Pusat gempa berada di kedalaman 10 KM, di 141 km arah Barat Daya Karera, Sumba Timur.

Mengutip Kompas.com, Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kupang, Margiono menjelaskan, gempa terkini di Sumba Timur ini tak berpotensi tsunami.

Baca Juga: BMKG Mencatat Gempa Terkini Malam Ini Terjadi di 3 Wilayah

Gempa bumi di Indonesia memang kerap terjadi. Pasalnya, Indonesia berada terletak di atas tiga lempeng yakni Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik, dan Lempeng Indo-Australia.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB) menyebut ancaman gempa bumi terbesar di hampir seluruh wilayah kepulauan Indonesia, baik kecil maupun besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru