Gempa Magnitudo 6,2 Guncang Sumatra Barat, Terasa hingga Singapura dan Malaysia

Jumat, 25 Februari 2022 | 10:40 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Gempa Magnitudo 6,2 Guncang Sumatra Barat, Terasa hingga Singapura dan Malaysia

ILUSTRASI. Gempa dengan magnitudo 6,2 mengguncang wilayah Sumatra Barat pada Jumat (25/2) pukul 08.39 WIB.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gempa dengan magnitudo 6,2 mengguncang wilayah Sumatra Barat pada Jumat (25/2) pukul 08.39 WIB. Getaran lindu terasa hingga Malaysia dan Singapura.

Mengacu situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Gefisika (BMKG), pusat gempa berada di darat dengan kedalaman 10 km di koordinat 0.15 LU - 99.98 BT, 17 km Timur Laut Pasaman Barat. 

Gempa bisa masyarakat rasakan di Pasaman Barat dengan skala VI MMI, di Pasaman dan Agam dengan skala V MMI, lalu Bukit Tinggi dan Padang Panjang dengan skala IV MMI.

Baca Juga: Cuaca Hari Ini di Jawa dan Bali: Surabaya dan Yogyakarta Cerah Berawan-Hujan Ringan

Selain itu, gempa bisa masyarakat rasakan di Padang , Payakumbuh, Aek Godang, Gunungsitoli, Pesisir Selatan, Rantau Parapat, Nias Selatan , Bangkinang, termasuk Malaysia juga Singapura. 

Menurut BMKG, gempa skala MMI VI berarti getaran dirasakan oleh semua penduduk. Kebanyakan semua terkejut dan lari keluar, plester dinding jatuh dan cerobong asap pada pabrik rusak, kerusakan ringan.

Sementara skala V MMI artinya, getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng bisa berhenti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru