CLOSE [X]

Gempa Tektonik Magnitudo 4.9 Guncang Gorontalo

Senin, 16 Mei 2022 | 22:16 WIB Sumber: Kompas.com
Gempa Tektonik Magnitudo 4.9 Guncang Gorontalo

ILUSTRASI. Gempa tektonik dengan magnitudo 4,9 mengguncang Gorontalo Senin (16/5), pukul 18.13 Wita.


KONTAN.CO.ID - GORONTALO. Gempa tektonik dengan magnitudo 4,9 mengguncang Gorontalo Senin (16/5), pukul 18.13 Wita.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam siaran persnya mengatakan dari hasil analisis, gempa bumi memiliki parameter Magnitudo 4,9 dengan episenter terletak pada koordinat 0.56 Lintang Utara dan 122.14 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi 23 kilometer barat laut Kabupaten Boalemo pada kedalaman 77 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa kedalaman menengah akibat aktivitas Subduksi lempeng Laut Sulawesi,” kata Kepala Stasiun Geofisika Manado Tony Agus Wijaya.

Baca Juga: Cuaca Besok di Jawa dan Bali: Bandung Hujan Ringan, Yogyakarta Hujan Sedang

Menurut Agus, berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Kabupaten Gorontalo,  Gorontalo Utara, dan Kota Gorontalo dengan intensitas II-III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu dirasakan di Kabupaten Pahuwato dan Boalemo dengan intensitas II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Hingga saat ini tidak terdapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempa bumi tersebut,” ujar Agus.

Baca Juga: ​Kenapa Sekarang Cuaca Sangat Panas? Ini Penyebabnya Menurut BMKG

Hingga pukul 19.10 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). “Kepada masyarakat di wilayah Gorontalo dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” tutur Agus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Gempa Tektonik Magnitudo 4.9 Guncang Gorontalo, Warga Diminta Tenang.
Penulis : Kontributor Gorontalo, Rosyid A Azhar
Editor: Khairina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru