Gempa Terkini Magnitudo 5,8 di Sulawesi Barat, Terasa hingga Makassar dan Samarinda

Rabu, 08 Juni 2022 | 13:13 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Gempa Terkini Magnitudo 5,8 di Sulawesi Barat, Terasa hingga Makassar dan Samarinda

ILUSTRASI. BMKG mencatat gempa terkini dengan magnitudo 5,8 mengguncang Sulawesi Barat hingga Kalimantan pada Rabu (8/6). ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana.


GEMPA - JAKARTA. BMKG mencatat gempa dengan magnitudo 5,8 mengguncang Sulawesi Barat hingga Kalimantan pada Rabu (7/6) siang, pukul 12:32:36 WIB.

"Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG di akun Twitter resmi mereka.

Menurut BMKG, pusat gempa ada di 2.74 LS 118.54 BT, sekitar 43 km Barat Daya Mamuju, Sulawesi Barat, dengan kedalaman 10 km.

"Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," sebut BMKG.

Baca Juga: Gempa Terkini Magnitudo 5,8 Guncang Sulawesi Utara, Tidak Berpotensi Tsunami

Di Mamuju, menurut BMKG, getaran gempa skala MMI V. Artinya, Getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, serta tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang.

Selain Mamuju, getara gempa terasa di Majene dengan skala MMI IV. Ini berarti, pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, serta jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Getara gempa juga terasa dengan skala MMI II-III di wilayah Pinrang, Palopo, Palu, Sidrap, Pangkep, Makassar, dan Masamba. Bahkan hingga Kalimantan, yakni daerah Paser dan Samarinda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru