Peristiwa

Gempa Terkini Pagi Ini (21/9) Magnitudo 5 di Mentawai, BMKG Peringatkan Gempa Susulan

Rabu, 21 September 2022 | 06:52 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Gempa Terkini Pagi Ini (21/9) Magnitudo 5 di Mentawai, BMKG Peringatkan Gempa Susulan

ILUSTRASI. Gempa Terkini Pagi Ini (21/9) Magnitudo 5 di Mentawai, BMKG Peringatkan Gempa Susulan


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gempa bumi terkini kembali terjadi di wilayah Indonesia pagi ini, Rabu 21 September 2022. Gempa bumi terkini terjadi Kepulauan Mentawai.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terkini di Mentawai ini berkekuatan M 5,0. Gempa terkini di Mentawai ini adalah gempa tektonik.

Episenter gempa terkini ini berada di titik koordinat 1,17 LS dan 98,57 BT atau 144 km Barat Laut, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat dengan kedalaman 10 kilometer. BMKG menyatakan gempa terkini di Mentawai ini tidak berpotensi tsunami.

Namun BMKG mengingatkan masyarakat Mentawai tetap waspada. Pasalnya, setelah gempa terkini tersebut, kemungkinan akan ada gempa susulan. "Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," tulis BMKG di website resmi.

Kepulauan Mentawai adalah salah satu kabupaten di wilayah Sumatera Barat. Belum lama ini, gempa bumi juga terjadi Kepulauan Mentawai.

Baca Juga: Kepulauan Mentawai Dua Kali Diguncang Gempa pada Minggu Pagi, Seorang Warga Terluka

Tepatnya pada Minggu 11 September 2022, terjadi gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 6.1 terjadi di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai. Gempa bumi di Mentawai itu juga berlangsung pada pagi hari, pukul 06.10 WIB.

Menurut BMKG, pusat gempa bumi di Mentawai itu berada di 1.18 LS dan 98.53 BT pada kedalaman 10 kilometer (km). Selang 14 menit kemudian atau tepatnya pada pukul 06.24 WIB terjadi gempabumi susulan berkekuatan M 5.4 yang berpusat di 1.25 LS dan 98.49 BT pada kedalaman 11 km. BMKG menyatakan gempa bumi itu tidak berpotensi tsunami.

Sementara itu menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Mentawai dan BPBD Provinsi Sumatera Barat, gempa bumi itu dirasakan kuat selama kurang lebih 5 detik di Tuapejat dan 10 detik di Kota Padang.

Guncangan gempa bumi tersebut memicu kepanikan warga sehingga berhamburan keluar rumah. Beberapa warga di Kabupaten Kepulauan Mentawai saat ini telah melakukan evakuasi mandiri ke lokasi pengungsian.

Itulah informasi gempa bumi terkini di Mentawai pagi hari ini, Rabu 21 September 2022. Semoga tidak terjadi gempa susulan dengan magnitudo yang lebih besar.

Selanjutnya: Presiden Jokowi Tak Hadir, Apakah Indonesia Diundang ke Pemakaman Ratu Elizabeth II?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru