Gresik minta smelter penuhi izin lingkungan

Kamis, 04 Juni 2015 | 16:04 WIB Sumber: Antara
Gresik minta smelter penuhi izin lingkungan


GRESIK. Bupati Gresik Sambari Halim Radianto meminta agar pabrik pemurnian dan pengolahan mineral atau smelter PT Freeport memenuhi izin lingkungan, tata ruang dan wilayah ketika akan memulai pembangunan di wilayah setempat.

"Kami selalu welcome bila ada investor yang menanamkan modalnya di sini, yang penting mereka memenuhi izin lingkungan, termasuk semua persyaratan yang ada," ucap Sambari di Gresik, Jatim, Kamis (4/6).

Sambari mengaku sempat melakukan pertemuan internal dengan Gubernur Jawa Timur Soekarwo beberapa waktu lalu di Surabaya, terkait rencana pembangunan smelter.

Namun, Sambari tidak mau menjelaskan secara rinci hasil pertemuan yang membahas masalah smelter, sebab dia mengaku hasil pertemuan menjadi kewenangan sepenuhnya Pemprov Jatim.

"Saya tidak mau membahas hasil pertemuan dengan Pemprov Jatim, yang penting kami siap apabila ada investor datang, dengan syarat mereka memenuhi semua perizinan secara benar," ucapnya.

Sebelumnya, Soekarwo berkomitmen akan mengawasi secara ketat pembangunan smelter PT Freeport di Kabupaten Gresik, yang akan dilakukan di lahan reklamasi.

Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo itu mengatakan, pembangunanakan dimulai pada 2015, dan dipastikan akan mendapatkan keuntungan, salah satunya fosfat yang bisa dipakai untuk pupuk dan bisa langsung dijual. (Abdul Malik Ibrahim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru