Gunung Merapi Luncurkan Guguran Lava Hingga 22 Kali Sepekan

Sabtu, 23 Juli 2022 | 15:00 WIB Sumber: Kompas.com
Gunung Merapi Luncurkan Guguran Lava Hingga 22 Kali Sepekan

ILUSTRASI. Luncuran lava pijar Gunung Merapi terlihat dari Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (15/8/2021).


KONTAN.CO.ID - YOGYAKARTA. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mengamati, Gunung Merapi mengeluarkan guguran lava sebanyak 22 kali ke arah barat daya pada 15-21 Juli 2022.

"Pada minggu ini guguran lava teramati sebanyak 22 kali ke arah barat daya dominan ke Sungai Bebeng dengan jarak luncur maksimal 1.800 meter," ujar Kepala BPPTKG Agus Budi Santoso dalam laporan aktivitas Gunung Merapi, Sabtu (23/7).

Agus menyampaikan, kubah barat daya teramati tak berubah ketinggiannya. Sedangkan kubah tengah juga teramati tidak ada perubahan morfologi signifikan.

Baca Juga: Kikisan Bukit Morowali di Kampung Mati, Sambut Era Kendaraan Listrik

"Volume kubah lava barat daya terhitung sebesar 1.645.000 m3, dan kubah tengah sebesar 2.582.000 m3," ungkap dia.

Agus menambahkan, intensitas kegempaan di Gunung Merapi pada pekan ini masih cukup tinggi. Aktivitas vulkanik Merapi masih cukup tinggi berupa aktivitas erupsi efusif. Status aktivitas ditetapkan dalam tingkat siaga.

Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan–barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal lima kilometer. Lalu, Sungai Bedog, Krasak, dan Bebeng, sejauh maksimal tujuh kilometer. Pada sektor tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal tiga kilometer dan Sungai Gendol lima kilometer.

Baca Juga: Lontaran Lava Gunung Ile Lewotolok Meluncur Hingga 800 Meter dari Pusat Erupsi

Sedangkan lontaran material vulkanik jika terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius tiga kilometer dari puncak. Masyarakat diimbau tak melakukan kegiatan apa pun di daerah potensi bahaya. Hal itu untuk mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Merapi dan mewaspadai bahaya lahar di sekitar Merapi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Dalam Sepekan, Gunung Merapi 22 Kali Luncurkan Guguran Lava.
Penulis: Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma
Editor: Dheri Agriesta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru