Harga cabai di Ambon kembali naik

Selasa, 24 Januari 2017 | 11:40 WIB Sumber: Antara
Harga cabai di Ambon kembali naik


AMBON. Harga cabai rawit merah di pasar tradisional Kota Ambon, Maluku, kembali bergerak naik dari Rp 80.000 menjadi Rp 95.000 per kilogram (kg) di Pasar Mardika dan Gotong Royong, Selasa (24/1). Sebelumnya, harga sempat naik tinggi di atas Rp 100.000 per kg, tapi sudah turun.

"Padahal sudah empat hari belakangan ini harga sudah turun dari Rp 110.000 hingga mencapai Rp 80.000/kg, kini sudah naik kembali," kata Merry, pembelanja.

Meski begitu, Merry, tetap harus membeli cabai rawit merah untuk restoran ikan bakarnya. Dia menjelaskan, pemenuhan kebutuhan sambal di restoran diimbangi juga dengan cabai merah biasa, tetapi kurang pedas untuk pendamping makan ikan bakar. "Kalau cabai merah biasa harganya sedikit murah yakni Rp 30.000/kg, dan cabai keriting Rp 26.000/kg," ujarnya.

Subaida pedagang cabai di Pasar Mardika saat dikonfirmasi terkait harga cabai rawit merah kembali bergerak naik mengatakan, pasokan sudah sangat berkurang dari petani. "Hanya cabai merah biasa saja yang banyak dan harganya cukup murah begitu juga dengan cabai keriting," ujarnya.

Dia mengakui naiknya harga cabai rawit saat ini bukan karena mengikuti perkembangan di daerah lain, tetapi memang di Ambon sudah mulai sulit didapatkan di pasar.

Naiknya harga cabai rwit merah tidak mempengaruhi harga bawang merah yang terus bergerak turun hingga Rp 40.000/kg, dan bawang putih Rp 38.000/kg. "Harga bawang sudah mulai turun abang sejak minggu yang lalu di tingkat agen dan ikut mempengaruhi harga eceran di pasar, kecuali harga cabai rawit saja yang masih belum stabil, karena kemarin itu ada harga naik lagi hingga mencapai Rp 90.000/kg," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru