Harga Innova Zenix Di Yogyakarta & Jawa Tengah Lebih Mahal Dari Jakarta

Jumat, 25 November 2022 | 07:23 WIB Sumber: Kompas.com
Harga Innova Zenix Di Yogyakarta & Jawa Tengah Lebih Mahal Dari Jakarta

ILUSTRASI. Peluncuran produksi perdana Toyota Innova Zenix di Karawang, Jawa Barat (21/11/2022).


KONTAN.CO.ID - Semarang. Simak daftar harga mobil baru Toyota Kijang Innova Zenix di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Lalu, apakah mobil baru Toyota Kijang Innova Zenix irit bahan bakar minyak (BBM)? Berapa konsumsi BBM per liter Innova Zenix?

Harga Toyota Kijang Innova Zenix di Jawa Tengah dan Yogyakarta beda tipis dengan di Jakarta. Konsumen di Jawa Tengah dan Yogyakarta sudah bisa membeli Innova Zenix.

Usai diluncurkan secara nasional di Jakarta, Toyota Kijang Innova Zenix bertahap segera meramaikan pasar daerah.  Salah satunya Jawa Tengah dan Yogyakarta yang sejauh ini memiliki prospek cukup baik bagi penjualan Toyota.

Kehadiran generasi ketujuh Toyota Kijang Innova Zenix di Tanah Air, secara berurutan menjadi tantangan baru, apalagi saat ini hadir dengan versi hybrid yang lebih modern dan ramah lingkungan. Meski demikian, PT Toyota Astra Motor (TAM) yakin mobil ramah lingkungan memberikan kontribusi nyata dalam menurunkan emisi karbon. 

"Nasmoco dan Toyota terus menghadirkan produk terbaik bagi masyarakat Jawa Tengah dan Yogyakarta. Sejak pertama kali, era kejayaan Kijang 1977 lalu mobil ini telah bertransformasi dan menjadi bagian dari kebesaran Indonesia selama 45 tahun sebagai pilihan keluarga Indonesia," kata Marketing Director Nasmoco Group, Hartono Dinata, dalam keterangan pers, Kamis (24/11/2022). 

Baca Juga: Inilah Daftar Lengkap Harga Innova Zenix, Cek Juga Spesifikasinya

Sama dengan Jakarta, Innova Zenix menawarkan tujuh varian yang dibagi menjadi tiga grade, yakni Q, V, dan G. Untuk tipe Q 2.0 HV telah dilengkapi dengan TSS 3.0 dan tersedia opsi Modellista sebagai styling package tambahan.

Dari segi harga, ada perbedaan yang membuat banderol Innova Zenix, baik hybrid mapuin non-hybrid di Semarang dan Yogyakarta, sedikit lebih mahal dari harga Jakarta. 

Harga Innova Zenix varian terendah yakni G CVT non-hybrid dijual Rp 425 juta, namun harga di Jakarta hanya Rp 419 juta. Sementara Innova Zenix versi tertinggi, Zenix Q HV Modellista CVT Premium Color mencapai Rp 622 juta, selisih Rp 8 juta dengan harga OTR Jakarta.

Berikut harga lengkap Innova Zenix di Jawa Tengah dan Yogyakarta :

Harga Innova Zenix Non-hybrid

  • Harga Innova Zenix G CVT Rp 425.000.000
  • Harga Innova Zenix G CVT Premium Color Rp 428.000.000
  • Harga Innova Zenix V CVT Rp 474.000.000.000
  • Harga Innova Zenix V CVT Premium Color Rp 477.000.000

Harga Innova Zenix Hybrid

  • Harga Innova Zenix G HV CVT Rp 465.000.000
  • Harga Innova Zenix G HV CVT Premium Color Rp 468.000.000
  • Harga Innova Zenix V HV Modellista CVT Rp 540.000.000
  • Harga Innova Zenix V HV Modellista CVT Premium Color Rp 543.000.000
  • Harga Innova Zenix Q HV Modellista CVT Rp 619.000.000
  • Harga Innova Zenix Q HV Modellista CVT Premium Color Rp 622.000.000

Innova Zenix irit BBM?

All New Kijang Innova Zenix Hybrid mengusung mesin baru dengan teknologi hybrid, yang membuat konsumsi bahan bakar mobil ini jauh lebih hemat dibandingkan model sebelumnya.

Fakta data tertulis menyebutkan, mesin Kijang Innova Zenix Hybrid memiliki kode M20A-FXS, 4 silinder segaris, dengan kapasitas 1.987 cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 186 PS atau setara 184 Tk (system), 152 PS atau setara 150 Tk (engine) pada 6.000 rpm, serta 113 PS atau setara 111 Tk untuk motor listriknya saja. Sementara torsi puncaknya sebesar 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm dan 205,9 Nm untuk torsi dari motor listriknya.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, tenaga yang dihasilkan mesin Innova Zenix Hybrid lebih besar ketimbang mesin diesel. Dengan tenaga yang lebih besar, tetapi konsumsi BBM diklaim lebih efisien. “Jadi fuel consumption yang diesel kurang lebih 1 banding 14 (14 km per liter). Yang baru bensinnya saja kira-kira 1 banding 15 (15 km per liter), hybrid 1 banding 21 (21 km per liter),” ujar Anton di Jakarta (21/11/2022).

Selain lebih efisien, performa Kijang Innova Zenix diklaim lebih baik dibandingkan Innova Reborn yang masih mengusung sasis ladder frame. Klaim ini bahkan membuat Innova Zenix hybrid lebih irit ketimbang segmen mobil murah alias LCGC yang harus punya konsumsi BBM minimal 20 km per liter berdasarkan regulasi pemerintah.

“Kedua, dari segi akselerasi karena memiliki mesin baru, bobotnya juga lebih ringan, dan power to weight-nya juga lebih baik 70-an persen. Bahkan akselerasi 0-100 kpj yang bensin model baru, ini lebih cepat dari diesel,” kata Anton.

Adapun buat garansi baterai, Anton mengatakan, pihaknya memberikan garansi baterai All New Kijang Innova Zenix selama 8 tahun atau 160.000 km.

Sementara itu, Wakil Presiden Direktur PT TAM Henry Tanoto mengatakan, Innova Zenix Hybrid memiliki emisi gas buang lebih rendah, dengan pengurangan emisi gas buang hingga 50 persen. "Kehadiran model ini diharapkan tidak hanya menjadi solusi bermobilitas yang ramah lingkungan, namun juga sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia," ucap Henry pada kesempatan yang sama. "Model baru ini memiliki peningkatan performa yang lebih baik, rata-rata sebesar 25 persen. Serta konsumsi BBM yang lebih irit, rata-rata di atas 50 persen dibandingkan dengan generasi yang sekarang,” kata dia.

Itulah harga mobil baru Innova Zenix di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Anda berminat?

(Dio Dananjaya, Dicky Aditya Wijaya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Daftar Harga Innova Zenix di Jawa Tengah dan Yogyakarta", dan "Toyota Klaim Kijang Innova Zenix Hybrid Lebih Irit BBM dari LCGC",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru